blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Objek Wisata (OW) di Kota Tegal, Jawa Tengah pada Minggu (27/6/2021) tetap buka. Seperti salah satu OW Pantai Alam Indah (PAI) tetap buka menerima warga yang ingin menghabiskan hari libur di Pahtai.

blank
PANTAI – Pengunjung tengah menikmati berwisata di Objek Wisata Pantai Alam Indah Kota Tegal, yang tetap buka pada hari Minggu. (foto: nino moebi)

“Kondisinya normal tidak ada lonjakan pengunjung. Pengunjung PAI didominasi dari dua daerah yakni Kabupaten Brebes dan dari Kabupaten Tegal,” kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, olahraga dan Pariwisata Kota Tegal, Maman Suherman saat dikonfirmasi Minggu (27/6/2021).

Maman mengatakan, hasil pantauan diperkirakan sekira 500 – 700 pengunjung. Jumlah tersebut tergolong sepi. Karena area PAI seluas 15 hektar bisa menampung 6.000 pengunjung.

“Di pintu masuk kami tetap memberi peringatan terhadap prokes dan meyakinkan terhadap pengunjung agar selalu memakai masker,” ujar Maman.

Dengan harga tiket masuk (HTM) Minggu untuk dewasa sebesar Rp 3.000 dan anak-anak Rp 2.000. Retribusi kendaraan masuk untuk jenis mobil atau roda empat sebesar Rp 2.000 dan sepeda motor roda dua Rp 1.000. Fasilitas yang ditawarkan dermaga apung yang masih menjadi idola.

“Untuk melihat kesan tidak kumuh, Walikota Tegal memerintahkan semua ayunan di lapak pedagang dilepas,” katanya.

Disinggung terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) termasuk penutupan OW Wisata, Maman mengatakan, berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Tegal tentang PPKM Nomor 433/015 tempat wisata tetap buka dengan menerapkan prokes yang ketat.

“Pengunjung dibatasi hanya 30 persen kapasitas normal, buka mulai pukul 06.00 sampai dengan 15.00,” ungkap Maman.

Nino Moebi