blank
Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P., saat melakukan sosialisasi protokol kesehatan di pasar tradisional Tegal. Foto: Dok/ist

TEGAL (SUARABARU.ID) – Dalam mencegah perkembangan Covid-19 khususnya di wilayah Teritorial Kodim 0712/Tegal, Komandan Kodim (Dandim) 0712/Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P., aktif melakukan sosialisasi protokol kesehatan.

Dalam sosialisai tersebut Dandim didampingi Kapolresta Tegal, AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K. MH, Kadinkes Kota Tegal, Dr. Sri Primawati Indraswari SPKK. MM.MH dan Forkopimcam Tegal Selatan.

Sosialisasi protokol kesehatan kali ini menyasar di Pasar Bandung Jalan Cik Ditiro Kecamatan Tegal Selatan, dan tempat-tempat yang berpotensi mengundang keramaian (titik berkumpulnya masyarakat dalam jumlah banyak), seperti pasar tradisional, jalan utama, swalayan dan warung-warung.

“Langkah ini dilakukan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan seperti yang diatur oleh pemerintah, sehingga bisa mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas,” kata Dandim, Jumat (25/6/2021).

“Operasi yustisi ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dalam penggunaan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, sehingga bisa mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Tegal yang mendapat predikat zona orange,” jelas Dandim.

Menurut Dandim, dalam pencegahan Covid-19, salah satunya dengan cara publikasi melalui berbagai media sosial, termasuk sosialisasi keliling.

Disampaikan Dandim, bersama stakeholder selama masa PPKM berbasis mikro ini, pihaknya telah melakukan banyak upaya dalam rangka mencegah penularan Covid-19, seperti melakukan publikasi di media sosial, agar masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah, selalu cuci tangan setelah melaksanakan kegiatan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak.

Selain itu juga melakukan updeting data pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah, sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan dini penyebaran Covid-19 bersama dinas terkait.

Pada kesempatan itu Dandim juga melakukan peninjauan GOR Tegal Selatan yang digunakan sebagai tempat sarana isolasi Covid-19.

Ning