blank
Aparat Gabungan semprotkan disinfektan di  kawasan Pasar Sidomakmur Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) –  Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Blora dalam rangka percepatan penanganan covid-19, petugas gabungan di kabupaten Blora Jawa Tengah menyemprotkan disinfektan di beberapa jalan protokol serta tempat fasilitas umum. Salah satu sasaran adalah pasar tradisional, Jumat, (25/06/2021).

Aparat gabungan yang terdiri atas anggota Polres Blora, Kodim 0721/Blora, Batalyon 410/Alugoro, Satpol PP, serta BPBD dan instansi terkait lainnya terus kompak bahu membahu melakukan tindakan percepatan penanganan covid-19. Salah satunya adalah dengan penyemprotan disinfektan yang dilakukan secara masif.

Kegiatan diawali dengan apel bersama di halaman depan Mapolres Blora dengan dipimpin oleh Kabag Ops Polres Blora Kompol Supriyo ,SSos, MSi.

Penyemprotan disinfektan dilaksanakan menggunakan mobil dari BPBD dan Satpol PP Blora dengan pengawalan dari Satlantas Polres Blora. Selain penyemprotan disinfektan, dalam kegiatan tersebut anggota Polres Blora juga menyampaikan imbauan protokol kesehatan  kepada masyarakat agar disiplin dalam menaati instruksi pemerintah terkait covid-19.

Iring-iringan mobil patroli kepolisian dengan pengeras suara menyampaikan imbauan diiringi mobil penyemprot disinfektan dengan operator dari petugas Polres Blora, Kodim 0721/Blora dan petugas BPBD serta Satpol PP.

Adapun rute penyemprotan adalah kawasan Jalan Raya Blora Cepu, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Pemuda, Kawasan Alun Alun Blora, hingga pasar besar  Sidomakmur; dilanjutkan ke arah utara yaitu di pasar pon atau pasar hewan Blora. Dari situ petugas gabungan menyisir jalan raya Blora Rembang dan melakukan penyemprotan disinfektan di pasar tradisional Medang.

Lepas dari Pasar Medang petugas melanjutkan penyemprotan di lapangan Kridosono Blora dan Blok T hingga terminal Blora.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama SIK melalui Kabag Ops Kompol Supriyo mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kabupaten Blora. Apalagi akhir akhir ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Blora dan Blora sudah masuk zona merah.

“Kegiatan ini adalah kegiatan sinergitas dalam rangka pencegahan Covid-19, semoga dengan segala upaya yang kita lakukan, masyarakatpun sadar dan disiplin dalam menaati prosedur kesehatan, sehingga penularan covid-19 bisa menurun di Blora,” ucap Kabag Ops.

“Sebenarnya, penyemprotan ini sudah dilakukan rutin, tak hanya di kota, tapi juga di desa-desa oleh bhabimkamtibmas dan babinsa bersama pemerintah desa. Bahkan banyak yang sadar melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan secara swadaya,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Petugas BPBD Blora, yang ikut dalam penyemprotan, Kartono mengatakan bahwa hal ini merupakan langkah Aparat Gabungan Blora dalam mencegah penularan virus berbahaya tersebut diwilatah Blora. Kegiatan penyemprotan itu sendiri rutin dilaksanakan seminggu sekali pada pagi hingga sore hari saat masyarakat tidak sibuk beraktivitas.

“Kita berupaya keras agar lingkungan kota Blora tidak menjadi klaster penularan Covid-19, sehingga cepat memutus mata rantai virus,” ucap Kartono.

Kudnadi