borobudur
Untuk mencegah penularan covid-19, Balai Konservasi Borobudur menutup sementara dari kunjungan wisatawan ke tiga candi yang berada di Kabupaten Magelang, yakni Candi Borobudur, Pawon dan Mendut. Foto : Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)– Sebanyak tiga candi yang ada di Kabupaten Magelang ditutup sementarta untuk kunjungan wisatawan. Ketiga candi  tersebut yakni, Candi Borobudur, Pawon dan Mendut dan ditutup mulai 23 Juni hingga 2 Juli mendatang.

“Penutupan sementara Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon menindaklanjuti surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 9 tahun 2021 tanggal 18 Juni 2021 tentang kebijakan bekerja dari rumah di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19,” kata Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati, Kamis (24/6/2021).

Wiwit mengatakan, penutupan ketiga candi yang ada di sekitar kawasan Candi Borobudur tersebut juga menindaklajuti surat dari Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 4924/F F1/TI 00 04 tanggal 21 Juni 2021 tentang bekerja dari rumah dan layanan cagar budaya, museum dan galeri.

Menurutnya, penutupan Zona 1 Candi Borobudur tersebut sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan covid -19. Meskipun, saat ini wilayah Kabupaten Magelang tidak berada dalam zona merah, melainkan di zona oranye.

Untuk Candi Borobudur yang ditutup yakni  di Zona I atu atau pelataran candi  yang dikelola oleh Balai Konservasi Borobudur. Sedangkan, Zona II atau kawasan taman wisata yang dikelola PT Taman Wisata Candi tetap dibuka untuk kunjungan wisatawan

Ia menambahkan, pihaknya juga akan kembali melakukan evaluasi terhadap kebijakan tersebut apakah akan dilakukan perpanjangan penutupan sementara, seperti saat awal pandemi di tahun 2020 lalu atau tidak.

Wiwit menjelaskan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PT Taman Wisata Candi selaku pengelola objek wisata Candi Borobudur.

Dari perekonomian lokal, PT Taman Wisata Candi tetap membuka untuk kunjungan wisatawan secara terbatas. Yakni, hanya sampai di Zona II atau kawasan taman wisata.

“Kalau Zona I ditutup untuk kunjungan wisatawan, tetapi Zona II tetap dibuka  secara terbatas jumlahnya pengunjungnya hanya 4000 orang per harinya,” imbuhnya

Sementara itu,  Sekretaris  PT Taman Wisata Candi, Emilia Eni Untari menjelaskan, meskipun  Zona I Candi Borobudur ditutup sementara bagi kunjungan wisatawan. Namun Zona II tetap masih dibuka seperti biasa mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

“Para wisatawan  tidak memiliki akses untuk bisa masuk ke Zona I, tetapi masih bisa berkunjung ke Candi Borobudur tetapi hanya sampai Zona II saja,” katanya.

Wisatawan yang tidak bisa naik hingga pelataran candi, dari Zona II tersebut  dapat menikmati keindahan candi dari jauh dan bisa melihat atraksi di Museum Samudera Raksa dan berkeliling  sekitar taman wisata dengan menggunakan andong maupun mobil listrik dan fasilitas lainnya.

Yon