blank
Wali Kota Semarang yang juga penyintas Covid-19, Hendrar Pribadi, mendonorkan darahnya belum lama ini. foto: ist

SEMARANG (SUARABARU.ID – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap penyintas covid-19 bisa menyjmbangkan darah plasma konvalesennya untuk membantu penyembuhan pasien covid-19. Hendi sebagai penyintas, juga mendonorkan darahnya.

Menurutnya transfusi plasma konvalesen yang merupakan antibodi eks pasien covid-19 menjadi salah satu metode paling efektif untuk menyembuhkan pasien covid-19. Untuk itu, penyediaan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 saat ini juga dianggap menjadi salah satu upaya konkrit dalam penanganan kasus Covid-19.

“Untuk itu, saya mengajak sedulur-sedulur warga Kota Semarang khususnya yang telah sembuh dari Covid-19 atau penyintas secara proaktif untuk mendonorkan darah plasma konvalesennya guna membantu saudara-saudara kita yang saat ini sedang dirawat akibat terpapar covid-19,” kata Hendi belum lama ini.

Namun di sisi lain, Hendi menyebutkan masih ada sejumlah kendala untuk masyarakat dalam melakukan terapi plasma konvalesen  secara masif.

Pertama, tidak semua penyintas covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya, karena harus disertai syarat tidak memiliki penyakit komorbid. Kedua, meskipun memenuhi syarat sebagai pendonor, tidak semua mau melakukannya.

“Kita tidak pernah tahu, darah yang Anda sumbangkan dapat memberi seseorang kesempatan lain dalam hidup,” pungkas Hendi.

Dirinya juga kembali meminta masyarakat untuk lebih tegas lagi dalam melaksanakan protokol kesehatan, yaitu menerapkan 5M.

Hery Priyono