blank
Peserta Bimtek Juleha mengikuti praktek mendesain tempat penyembelihan sapi kurban. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Jelang Idhul Adha 2021 yang akan jatuh Selasa (20/6) mendatang, sejumlah tukang jagal sapi dan kambing di Wonosobo, mengikuti bimbingan teknis juru sembelih halal (Bintek Juleha).

Bintek Juleha yang digelar Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Wonosobo bekerjasama Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat berlangsung di Aula Dispaperkan, Rabu (23/6).

Sekretaris MUI Wonosobo Toharotun mengatakan Bintek Juleha digelar guna memberi pemahaman pada juru jagal agar penyembelihan hewan kurban dilakukan secara aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

“Penyembelihan hewan hewan kurban harus dilakukan dengan benar, yakni halal dan thoyyib. Baik itu ditinjau dari sudut pandang fiqhiyyah, tehnologi maupun higiene sanitasi,” katanya.

Masalah tersebut, sambung dia, harus diketahui para tukang jagal sapi dan kambing pada Idul Adha, sebelum menyembelih hewan kurban. Karena, saat ini, masih banyak ditemukan penyembelihan hewan yang tidak benar.

Praktek Sembelih

blank
Sekretaris MUI Wonosobo Toharotun ketika mengisi materi Bimtek Juleha. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispaperkan Wonosobo dr Sidik Driyono mengatakan teknis penyembelihan hewan secara benar, sehat dan halal penting dilakukan dalam penyembelihan hewan kurban.

Guna membekali juru jagal dengan metode penyembelihan ASUH pada hewan kurban, drh Sidik memberikan praktek penyembelihan secara langsung.

Praktek tersebut, kata dis, akan menjadi bekal pemahaman yang utuh cara menyembelih hewan kurban yang baik, benar dan halal. Sehingga hewan tidak merasa tersiksa dan dagingnya bersih dan halal.

“Alat penyembelih hewan kurban harus tajam, bersih dan kuat. Hewan kurban yang disembelih juga harus sehat, gemuk, lincah dan berbulu bersih serta mengkilat. Tidak cacat, cukup umur dan tidak kurus,” sebutnya.

Cara menyembelih hewan kurban, imbuh drh Sidik, juga tidak boleh dilakukan dengan kasar, keras dan ada unsur penyiksaan. Hewan kurban sebelum disembelih perlu diperlakukan dengan baik sehingga hewan tidak ketakutan dan mengamuk.

Muharno Zarka