blank
Asyif Awaludin Romadhoni (Kabupaten Jepara) dan Zalfaa Azalia Pursita (Kabupaten Boyolali), terpilih sebagai Pemenang I Duta Bahasa Jawa Tengah 2021. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, menggelar Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021, di Hotel MG Setos Semarang, Minggu (20/6/2021). Pada puncak acara Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 ini, Asyif Awaludin Romadhoni dari Kabupaten Jepara dan Zalfaa Azalia Pursita (Kabupaten Boyolali), terpilih sebagai Pemenang I Duta Bahasa Jawa Tengah 2021.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng, Dr Ganjar Harimansyah mengatakan, pemenang pertama akan mewakili Jateng maju ke Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional di Jakarta. Dia mengingatkan, agar semua pihak berkolaborasi dan saling membantu dalam persiapan ke tingkat Nasional nanti.

”Pemenang yang maju ke tingkat Nasional, diharapkan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan nanti. Kekompakan dan sinergi semua finalis, Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah (Ikadubas Jateng), dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, sangat dibutuhkan, supaya mendapat hasil maksimal di tingkat Nasional,” ujarnya, saat memberikan sambutannya pada Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021.

BACA JUGA: Wakil Bupati Kendal Positif Covid-19

Sementara itu, Ketua Panitia, Rini Esti Utami menyampaikan, Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 ini dilaksanakan secara luring dan daring, melalui platform Zoom. Pelaksanaan final secara luring dilakukan secara ketat, dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

”Acara hanya dihadiri finalis, juri, dan panitia yang sudah menyerahkan bukti tes covid-19 dengan status negatif,” terang dia.

Ditambahkan Rini, Pemenang II diraih Rafi Fauzi Wibowo (Kota Semarang) dan Ashanti Dayani Ajengpitaloka (Kota Semarang), disusul Pemenang III Haryanto (Kabupaten Wonogiri) dan Sella Wardhani (Kabupaten Semarang). Ada pula predikat Pemenang Favorit yang diraih Reza Iqbal Pramudya (Kabupaten Purworejo) dan Rana Indah Setyawati (Kabupaten Semarang).

blank
Para pemenang Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021, yang digelar di Hotel MG Setos Semarang, Minggu (20/6/2021), melakukan foto bersama. Foto: dok/ist

BACA JUGA: Pemkot Semarang Resmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19, Tambah 106 Kamar Karantina

”Acara Final Raya ini diikuti 17 finalis, yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Para finalis terjaring dari seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan seleksi wawancara, yang dimulai sejak Februari lalu,” jelasnya.

Dijelaskan pula, pendaftar awal pada seleksi administrasi mencapai 190 orang, kemudian diseleksi secara administratif menjadi 40 orang. Setelah itu, para kandidat diwawancarai sehingga akhirnya mengerucut pada 17 nama finalis.

Sebanyak 17 finalis itu juga sudah melalui sejumlah tahapan, antara lain pembekalan daring, Bimbingan Teknis Kebahasaan dan Kesastraan Berbasis Teknologi Informasi, serta tahap penilaian. Tahapan-tahapan itu diharapkan dapat menambah bekal mereka untuk mewakili Jateng ke tingkat Nasional, serta menambah wawasan finalis tentang dunia kebahasaan dan kesastraan.

”Setelah ini, pemenang pertama akan disiapkan untuk mengikuti ajang Duta Bahasa Nasional 2021. Semoga hasil maksimal dapat diraih wakil Jawa Tengah dalam ajang itu,” tambahnya.

Riyan