blank
Ketum Koni Kota Magelang Ali Sobri Sungkar didampingi Ketua Percasi Kota Magelang Lie Anto Saputro melihat Kejurprov Catur Jateng yang digelar online, (Doddy Ardjono)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 11 atlet catur Percasi Kota Magelang mengikuti Kejurprov Catur tingkat Jateng yang diselenggarakan secara online. Karena baru kali pertama diselenggarakan, maka atlet yang bertanding didampingi seorang nonplaying capten (NPC), Ronald Suryanata.

‘’Ronald membantu atlet catur Kota Magelang  menangani masalah teknis yang berkaitan dengan sistem online. Ini terkait teknologi dan baru pertama kali kejurnas dilaksanakan secara online,’’ kata Ketua Percasi Kota Magelang, Lie Anto Saputro, Sabtu (19/6).

Pertandingan catur online itu disaksikan Ketua Koni Kota Magelang Ali Sobri Sungkar bersama Waketum 1 Kartono dan Waketum 2 Budi Setya.

‘’Bagi atlet catur Kota Magelang ini pemanasan dalam rangka event Dulongmas yang rencananya berlangsung dalam waktu dekat, serta persiapan Porprov Jateng 2022,’’ ujar Ali.

Mengenai tempat bertanding, Lie Anto  menuturkan,  lokasi bertanding di Angkringan Pak Ali, di Pusat Kuliner Lembah Tidar, Kelurahan Magesari, yang dilengkapi wifi.

‘’Kami bertanding di pusat kuliner sekaligus untuk memasyaratkan olah raga catur kepada para pengunjung yang makan minum di tempat ini,’’ tutur anggota DPRD Kota Magelang 2009-014 PDI Perjuangan.

Ronald Suryanata menerangkan, karena online, maka atlet yang bertanding harus menggunakan HP android. Dilayar HP hanya tertera papan catur, sedang lawannya diketahui dari kode-kode angka yang menerangkan tentang 35 kabupaten/kota se Jateng dan nomor peserta dari masing-masing daerah.

Lie Anto menjelaskan, jumlah atlet catur se Jateng yang bertanding sekitar 400 pesera, 11 di antaranya dari Percasi Kota Magelang. Atlet Kota Magelang terdiri atas Frans H Mamesah, Tri Ariyanta, Lie Anto Saputro, Suhaemi, Bejo Budi Santoso, Akhiyar, Sutiyono, Slamet Riyadi, Zaenuddin, Suprapto dan Supriyanto.

‘’Semua atlet catur Kota Magelang nonmaster,’’ tutur Aan, panggilan akrab Lie Anto Saputro.

Pertandingan berlangsung 19-20 Juni 2021. Hari pertama catur dengan sistem Swiss  9 babak, dilanjutkan catur kilat 5 menit.

‘’Minggu (20/6) catur cepat 15 menit. Pemenang ditentukan berdasar akumulasi nilai,’’ terang Aan.

 

Doddy Ardjono