blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Di Kota Tegal, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 sudah penuh. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari saat dikonfirmasi di kantornya Jumat (18/6/2021).

blank
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari. (foto: nino moebi)

Prima mengatakan, di Kota Tegal ada tiga rumah sakit untuk rujukan pasien Covid-19 yakni, lini satu RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kardinah Jalan KS Tubun, lini dua Rumah Sakit Umum (RSU) Islam Harapan Anda Jalan Ababil dan lini tiga Rumah Sakit Mitra Keluarga Jalan Sipelem.

RSUD Kardinah ketersediaan bed isolasi untuk ICU ada 10 bed ditambah 1 niku (bed diperuntukan bayi) 1 bed. Lalu untuk bed isolasi biasa ada 83. Dari kapasitas 83 bed sampai hari ini (18/6/2021) sudah terisi 73 bed. Ruang ICU RS dari 11 kapasitas, telah terisi 9 bed.

Untuk rumah sakit rujukan lini dua, RSU Islam Harapan Anda, untuk ICU Covid-19 ada 10 bed semuanya sudah terisi penuh. Ruang isolasi biasa ada 67, terisi 66 bed jadi hanya sisa 1 bed

Rumah sakit rujukan lini tiga, Rumah Sakit Mitra Keluarga ruang ICU Covid-19 ada 3 terisi semua. Ruang isolasi sebanyak 46 bed terisi semua.

“Jadi, kalau tingkat keterisian tempat tidur atau BOR nya di rumah sakit sudah di atas rata-rata,” ujar Prima.

Terkait isolasi terpusat di Rusunawa Tegalsari Kota Tegal, Prima menyebutkan untuk ketersediaan bed ada 82, BOR nya 67,94 persen atau terisinya ada 55 pasien.

“Nah, antisipasinya kita akan ada penambahan bed baik di rumah sakit maupun di isolasi terpusat. Untuk di RSUD Kardinah kita usahakan buat HCU isolasi sebanyak 8 bed. HCU adalah unit perawatan rawat inap bagi pasien dengan kondisi stabil dan sadar, tapi masih memerlukan pengobatan dan perawatan secara ketat. Sedangkan untuk ruang isolasi rawat inapnya ditambah 9 bed,” ungkapnya.

Untuk RSU Islam Harapan Anda, menurut Prima sudah dikoordinasikan untuk ICU tidak bisa menambah tetapi, untuk ruang isolasi rawat inap tambah 20 bed. Sedangkan untuk rumah sakit Mitra Keluarga sementara belum ada penambahan.

“Update per 17 Juni 2021 pukul 21.30 ada penambahan kasus baru sebanyak 39. Kasus aktif warg Kota Tegal yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 197 orang, masih dirawat 25 orang dan sisanya 172 orang menjalani isolasi mandiri,” ujar Prima.

Klaster rumah tangga Prima menyebut merupakan yang terbanyak selain ada klaster perkantoran. Ada klaster kampus PKTJ (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan) ada 22 taruna-taruni yang positif Covid-19. Sebanyak 5 orang dirawat di rumah sakit dan 17 orang menjalani isolasi mandiri.

Nino Moebi