blank
Para pasien Covid-19 yang baru dipulangkan dari Donohudan. foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebanyak 309 pasien Covid-19 asal Kudus yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali akhirnya tiba kembali ke Kudus, Sabtu (19/6) pagi tadi. Mereka dijemput oleh Pemkab Kudus setelah sebagian besar sudah dinyatakan negatif.

Hanya ada dua orang pasien yang statusnya masih positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Keduanya tetap dipulangkan ke Kudus untuk kemudian melanjutkan isolasi di Rusunawa Kudus.

Pemulangan yang semestinya dilakukan Jumat (18/6) sore sempat molor hingga cukup lama. Para pasien akhirnya tiba di titik pemulangan pada pagi hari, karena lamanya proses pendataan di asrama haji Donohudan.

Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Badai Ismoyo mengungkapkan, jumlah pasien yang dipulangkan dari Donohudan dengan rincian 165 laki-laki dan 144 perempuan.

Jumlah tersebut terdiri dari Kecamatan Kota sebanyak 37 orang, Jati 29 orang, Gebog 23 orang, Bae 47 orang, Undaan 34 orang, Dawe 29 orang, Mejobo 44 orang, Kaliwungu 41 orang, dan Kecamatan Jekulo sebanyak 25 orang.

“Rata-rata 90 persen sudah negatif dan sisanya yang isolasi mandirinya sudah selesai dan sudah baik, sehat dan dinyatakan sembuh. Total 309 yang kami pulangkan, tiba di Kudus jam 05.00 WIB. 307 di antaranya itu yang sudah sembuh dan dua orang masih positif dipindahkan ke Rusunawa,” katanya, Sabtu (19/6).

Untuk pasien yang masih berstatus positif, diangkut secara terpisah dengan armada berbeda. Mereka pakai ambulans khusus, dan sampai Kudus juga langsung masuk Rusunawa tidak campur dengan pasien yang sudah sembuh.

Badai meminta agar pasien yang sudah dipulangkan untuk beristirahat beberapa hari untuk pemulihan kondisi dan tetap menjaga protokol kesehatan saat berada di rumah.

Diketahui, Kabupaten Kudus sendiri sebelumnya mengirimkan 529 pasien positif Covid-19 status orang tanpa gejala (OTG) untuk menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Dan dua orang di antaranya meninggal dunia.

Kemudian ada belasan pasien yang dirujuk di Rumah Sakit. Pekan lalu, pemkab juga sudah memulangkan 98 pasien yang sudah dinyatakan sembuh dan satu di antaranya ibu hamil yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus.

Tm-Ab