BATANG – Rombongan Unissula mengadakan kunjungan silaturahmi ke Pondok Modern (PM) Tazakka Bandar Kabupaten Batang pada Kamis (17/6/2021). Mereka adalah Wakil Rektor I Dr Umar Ma’ruf SH SpN MHum. Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD, Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam Mohammad Noviani Ardi SFilI MIRKH, dan Wakil Dekan II Fakultas Agama Islam Anis Tyas Kuncoro SAg MA.

Mereka disambut pengasuh Tazakka KH Anang Rikza Lc MA. Ia menyampaikan bagaimana manajemen Zakat Infaq Sodaqoh dan Wakaf (Zizwaq) yang telah dibentuk dan berjalan dibawah pengelolaan PM Tazakka Batang. Banyak program, visi dan produk zakat serta wakaf yang dikemas secara menarik sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat. “Dalam pengelolaan ZIS dan Wakaf kuncinya adalah transparansi pengelolaan dana dan inovasi. Dalam pengelolaan zakat dan wakaf adalah satu kesatuan dalam membangun kesejahteraan umat yang harus berjalan bersamaan. Zakat bisa diibaratkan sebagai perangkat lunak (software) dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dan wakaf sebagai perangkat keras (hardware) diperuntukkan dalam hal insfrastruktur yang produktif”, ungkapnya.

ia juga menggarisbawahi dalam upaya peningkatan pengembangan dana zakat dan wakaf harus berinovasi secara cermat melihat serta memahami Fiqh, UU dan Realitas. “Ketiga unsur tersebut tidak boleh hanya mengambil salah satu aspek saja, misalkan fiqh, karena fiqh adalah barang jadi, jika tidak dibingkai dengan apik dengan memahami sosio kultural dan inovasi maka yang terjadi akan kaku hingga yang terjadi pengembangan dana zakat dan wakaf malah tidak berkembang”, pungkasnya.

Sementara itu Umar Ma’ruf terkesan pada manajemen pengelolaan Tazzaka yang modern dan mengedepankan teknologi informasi. “Walau jauh dari pusat keramaian namun pondok ini telah melaksanakan berbagai transaksi keuangannya berbasis IT. Sehingga cukup dengan satu kartu santri mereka bisa melakukan transaksi apapun. Sehingga orang tua santri bisa memantaunya dari rumah masing-masing”, kata Umar. Ia juga mengapresiasi infrastruktur pondok yang tertata rapi seperti kabel listrik yang dipasang di bawah tanah sehingga lingkungan tetap estetis dengan standar keamanan tinggi.

lebih jauh Umar Ma’ruf menharapkan Unissula dan Tazakka bisa bersinergi dalam pengelolaan ZIS dan Wakaf, juga manajemen pondok pesantren karena Unissula juga punya pondok pesantren mahasiswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here