blank
Pelatih Ukraina Andrey Shevchenko memeluk strikernya, Roman Yaremchuk, setelah sang pemain mencetak gol pertama Ukraina ketika mereka menang 2-1 atas Makedonia Utara dalam laga Grup C EURO 2020 di National Arena di Bucharest, Rumania, 17 Juni 2021.Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Ukraina berusaha keras menaklukkan suasana tegang melawan Makedonia Utara dalam Piala Eropa, aku pelatih Andriy Shevchenko setelah timnya menang 2-1 di National Arena Bucharest, Kamis malam, seperti dikutip Reuters.

Tim asuhan Shevchenko mendominasi babak pertama melawan tim berperingkat terendah dalam putaran final Euro ini, memasuki jeda dengan sudah unggul dua gol, namun sempoyongan pada babak kedua, dan hampir kebobolan oleh peluang pertama Makedonia Utara.

Kiper Ukraina Georgiy Bushchan menggagalkan percobaan gol gelandang Arijan Ademi pada menit ke-47 dan upaya itu mengubah irama permainan menjadi jauh lebih kompetitif di mana Makedonia Utara membalas satu gol melalui Ezgjan Alioski dari tendangan keduanya setelah eksekusi penaltinya dimentahkan sang kiper.

“Pertama sekali, bagian dari Piala Eropa ini adalah atmosfer yang sangat berbeda. Ini emosional sekali,” kata Shevchenko kepada wartawan. “Ini jenis turnamen yang berbeda. Setiap saat keseimbangan tim bisa berubah.”

“Kami bermain sangat bagus pada babak pertama tetapi mereka memulai babak kedua dengan sangat baik dan kesalahan kami menyebabkan penalti yang membuat mereka mencetak gol.”

“Sepertinya cemas dan gugup pun muncul. Kami menciptakan peluang lebih banyak dan kami seharusnya mencetak gol ketiga… tetapi kami juga mesti memuji karakter Makedonia Utara.”

Ruslan Malinovskiy gagal mengeksekusi penalti Ukraina yang semestinya bisa menambah keunggulan mereka dan Shevchenko mempertahankan keputusannya mengganti kedua pencetak golnya, Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk, pada menit ke-70.

“Kami mengubah tim karena kami harus melindungi gawang kami dan kami harus menekan sedikit di depan untuk mencegah umpan-umpan panjang,” tambah sang pelatih. “Kami memasukkan dua pemain baru yang ternyata cukup banyak menekan.”

“Saya kira selama pertandingan itu kami mendapatkan cukup peluang untuk mencetak gol lagi… Poin utamanya adalah kami menang.”

Ukraina mengemas tiga poin setelah melewati dua pertandingan dan bermain melawan Austria Senin pekan depan. Belanda menghadapi Austria Jumat dini hari nanti di mana kedua tim sudah mengumpulkan tiga poin setelah menang pada laga pembuka.

Yarmolenko, yang mencetak gol pertama Ukraina dan membuat assist untuk gol kedua, mengatakan pelatihnya sudah memperingatkan mereka pada babak pertama bahwa Makedonia Utara akan keluar menyerang.

“Mereka bilang pada kami bahwa Makedonia Utara akan mulai menyerang karena mereka tidak ada beban apa-apa,” kata kapten Ukraina itu. “Mereka membuat kami gugup. Saat skor 2-1 kami sedikit panik.”

“Kami tidak ingin kalah dan jelas bahwa semua orang gugup, tapi hebat kami berhasil mempertahankan kemenangan.”

Makedonia Utara yang kalah melawan Austria pada pertandingan pertamanya membutuhkan bantuan Austria untuk mengalahkan Belanda agar mereka memperpanjang nafasnya dalam turnamen besar pertamanya ini.

Ant/Muha