blank

SEMARANG – Sebanyak 33 dari 38 mahasiswa lulusan Program Ners Unissula 2021 diterima kerja di tujuh cabang Rumah Sakit Sari Asih Group, 14/6/21. Menurut Ns Tutik Rahayu MKep SP Kep Mat hal ini sudah rutin dilakukan sebagai bentuk implementasi MOU yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir.

Ia memaparkan bahwa kesempatan ini diberikan kepada semua lulusan. Hal ini karena mereka sudah lulus uji kompetensi (Ukom). “Siapa saja diberikan kesempatan, karena mereka juga sudah lulus Ukom dan ini menjadi daya tawar tinggi, dan dicari seluruh rumah sakit karena mereka sudah punya surat tanda registrasi,” jelasnya.

Kaprodi Program Ners tersebut melanjutkan bahwa penyaluran mahasiswa ke tempat kerja yang baik dan layak merupakan program dari prodi Ners setelah mahasiswa mengikuti Ukom. “Jadi setelah Ukom, program kita mencarikan tempat kerja yang baik dan layak untuk mereka,” ujarnya.

Dengan adanya program ini ia berharap mahasiswa bisa mempertahankan kelulusan 100%, sehingga bisa langsung bekerja. “Harapannya mahasiswa masih bisa mempertahankan kelulusan 100%. Yang berarti prodi harus menjaga mutu dan pengawalan program dengan baik. Sehingga setelah Ukom mahasiswa bisa langsung terserap, baik yang sudah MoU atau belum, dan dalam negeri maupun luar negeri,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa selain 33 mahasiswa tersebut, terdapat 20 mahasiswa yang diterima di Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RSISA), 15 mahasiswa di Rumah Sakit Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati, 5 mahasiswa di Primaya, dan 3 mahasiswa di RS OMNI. Selebihnya, mereka sudah bekerja dan akan bekerja di tempat yang dekat dengan rumah.