blank

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang (Fikes Unimma) menggelar Speech Contest dengan Bahasa Inggris, Rabu 16 Juni 2021. Acara di aula Fikes itu sasarannya adalah mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan.

Kegiatan itu dibina oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan yaitu Ns Septi Wardani MKep.
Acaranya berlangsung pukul 08.00 sampai 13.00, secara daring.

Sedangkan acaranya dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr Heni Setyowati ER SPp MKes. Dikatakan, itu merupakan acara bergengsi dan sangat baik untuk menggali potensi mahasiswa. Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik akademik dan non akademik, mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, bersikap positif serta berjiwa Pancasila.

Jadi tidak cukup dengan nilai akademik saja, namun harus didukung oleh nilai nonakademik seperti keaktifan mahasiswa dalam organisasi, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya.

“Dengan kegiatan ini akan menjadi motivasi bagi mahasiwa lain untuk memiliki prestasi yang tinggi sekaligus menciptakan iklim kampus yang kondusif untuk belajar tambah,” kata Heni.

Dalam kegiatan itu peserta mendaftarkan diri kemudian melalui tahap seleksi sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Lalu mahasiswa yang lolos seleksi harus mempresentasikan dengan Bahasa Inggris tentang Management Covid-19. Peserta yang lolos seleksi ada lima orang, terdiri empat mahasiswi dan satu mahasiswa.

Speech Contest tersebut juga menghadirkan empat juri yaitu Athia Fidiyan MPd, Tiara Mega Kusuma MSc Apt, Ns Nurul Hidayah SKep Ms dan Ns Nurul Purborini PhD.

Kelima mahasiswa itu mempresentasikan materinya masing- masing yang diberi waktu 10 menit. Mereka maju berdasarkan hasil undian. Setelah peserta mempresentasikan materi, juri melemparkan berbagai pertanyaan dan mahasiswa menjawab dengan Bahasa Inggris tanpa keluar dari topik pembahasan

Speech Contest tersebut dilihat dari empat faktor yaitu kesesuaian isi dengan tema pidato (content), kelancaran (fluency), ekspresi (expression/performance), ketepatan bahasa (accuracy).

Dari hasil penilaian, keluar sebagai juara pertama Ayu Fatima Dewi dari S1 Ilmu Keperawatan. Disusul Shafiyah Nabila dari S1 ilmu Keperawatan. Juara ketiga Ronald Raychrezvychaynaya dari D3 Keperawatan.

Piala dan penyerahan hadiah dilakukan oleh Dekan Fakultas ilmu Kesehatan didampingi wakil Dekan.

Eko Priyono