blank
Ketua DPD PAN Kudus Hj Endang Kusrisriyani dan Anggota Fraksi PAN Kudus Budiyono menunjukkan ambulans yang digunakan untuk pelayanan masyarakat. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) –Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional Kabupaten Kudus menyediakan satu ambulans untuk masyarakat Kabupaten Kudus.

Ambulans tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan di luar pasien Covid-19.

PAN menilai, penyiapan sarana prasarana bagi pasien-pasien non Covid-19 juga masih sangat diperlukan walau tengah dalam pandemi seperti ini.

“Karena orang sakit kan tidak hanya Covid-19 saja. Banyak pasien dengan sakit lainnya yang terkadang juga membutuhkan ambulans untuk fasilitasnya, sehingga kami siapkan ini,” kata Ketua DPD PAN Kudus Endang Kursistiyani usai peluncuran ambulan non -Covid-19, Kamis (17/6).

Ambulans tersebut, nantinya akan disiagakan di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Namun, peruntukannya bisa digunakan oleh semua masyarakat Kota Kretek.

“Siapapun boleh meminjam ambulans ini, hanya penempatannya saja yang ada di sana (Desa Prambatan Lor) tapi siapapun, desa tetangga atau desa lainnya sangat bisa meminjam,” sambung Endang.

Sementara terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kudus, DPD PAN akan menerjunkan tim penyemprot cairan disinfektan di sejumlah desa di Kabupaten Kudus. Dengan harapan, bisa memutus mata rantai penularan Covid-19 di wilayah-wilayah yang disterilisasi.

“Ini adalah salah satu ikhtiar kami dalam membantu pemerintah daerah memerangi Covid-19 ini,” katanya.

Kader partai berlambang matahari tersebut pun turut diminta menjadi agen sosialisasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekitarnya. Sehingga kesadaran akan pentingnya prokes di kalangan masyarakat desa bisa semakin tinggi.

“Kami juga akan memberikan imbauan keliling secara berkesinambungan, supaya kesadaran warga bisa semakin tinggi,” jelasnya.

Endang berharap, semua masyarakat di Kabupaten Kudus bisa bahu membahu membantu pemerintah untuk menekan angka penularan Covid-19 yang terbilang masih tinggi ini.

“Yakni dengan terus memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan yang terpenting rajin mencuci tangan,” tandasnya.

Tm-Ab