blank
Jamin mengaku selama pandemi tidak bisa menabung untuk melanjutkan renovasi rumahnya. Foto: hana eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyambangi rumah Jamin di Dusun Duwari, Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Kamis (17/6/2021). Ganjar datang didampingi Bupati Grobogan Sri Sumarni, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta, anggota DPRD Kabupaten Grobogan Dapil V Lusia Indah Artani, dan instansi terkait.

Rumah Jamin yang berbentuk joglo berbahan kayu campuran ini, sudah lama tidak dapat ditinggali bersama keluarganya. Jamin yang merupakan buruh tani ini mengaku, rumahnya terendam banjir dan hingga saat ini tidak bisa merenovasi, lantaran penghasilannya yang tidak menentu.

Diungkapkan dia, rumahnya sudah lama terendam banjir dan sudah pernah direnovasi dengan cara meninggikan bangunan rumah. Namun upaya itu tidak berhasil. Sudah dua tahun ini, Jamin tak lagi tinggal di sana. Secara bertahap dia berusaha untuk merenovasi lagi hingga dua tahun ini.

BACA JUGA: Satgas Temanggung Perketat Izin Kegiatan Masyarakat

blank
Ganjar Pranowo saat menanyakan kondisi rumah yang penuh air kepada Jamin. Foto: Hana Eswe

”Saya selalu menabung. Setiap habis kerja, dapat uang terus dicicil. Pandemi bikin pendapatannya menurun. Akhirnya ikut berhenti. Ini kemarin baru sempat meninggikan pondasi rumah,” ujar Jamin.

Melihat hal itu, Ganjar meminta Dinas Perakim Jateng, membantu Jamin dengan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Dimana dalam pengerjaannya nanti, dilakukan secara gotong royong bersama masyarakat Duwari.

”Ini nanti biar dibantu sama Dinas. Warganya masih kompak tidak? Wis dibangun nganggo kerik desa, gugur gunung,” terang Ganjar.

Usai menyambangi rumah Jamin, Ganjar Pranowo menitipkan pesan kepada seluruh warga Desa Pengkol, agar tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Ganjar juga meminta warga, agar tidak melepaskan masker saat keluar rumah.

Hana Eswe-Riyan