blank
Ganjar Pranowo berkoordinasi dengan Direktur RSUD Soediran Mangun Sumarso, di Kabupaten Wonogiri, terkait antisipasi penanganan kasus meningkatnya pasien covid-19 di daerah perbatasan Jateng, Jatim dan DIY. Foto: dok/ist

WONOGIRI (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akan berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, terkait dengan penanganan covid-19 di perbatasan, antara Wonogiri-Pacitan dan Wonogiri-Wonosari.

Laporan ini diterima Ganjar, saat meninjau RSUD dr Soediran Mangun Sumarso (SMS), Wonogiri, Rabu (16/6/2021). Ganjar saat itu sedang berdialog dengan Direktur RSUD Wonogiri, Setyarini, terkait keterisian tempat tidur penanganan covid-19.

”Izin menyampaikan, melalui bapak mungkin bisa komunikasi dengan provinsi tetangga, terkait dengan beban rumah sakit. Karena ini mempengaruhi beban rumah sakit kita,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Adhi Dharma.

BACA JUGA: Seorang Kasir Diduga Dalangi Pengambilan Uang Perusahaan Rp 74,7 Juta

Dia menambahkan, pihaknya siap menambah fasilitas kesehatan demi mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 di Wonogiri. Namun letak wilayah yang berbatasan dengan dua provinsi, juga menambah beban pada BOR yang ada.

”Ini informasi bagus, tapi pokoke angger ke sini sing teko menungso ya dirawat. Ojo mbok tekoni KTP ne ngendi, ojo mbok tekoni agamane, pokoke teko dirawat, tapi ketika kemudian saya harus komunikasi, ya wis. Kabari aja kalau kemudian bebannya jadi tinggi, aku kabari,” ujar Ganjar.

Ditemui usai peninjauan, Ganjar menyampaikan, pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Gubernur Jatim Khofah Indar Parawansa dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, untuk menindaklanjuti laporan yang diterimanya.

BACA JUGA: Muscab Pramuka,  Bupati Minta Sesarengan Tangani Pandemi Covid-19 di Blora

”Ternyata di daerah perbatasan ini memang masyarakat akan mencoba mencari yang terdekat. Maka di daerah perbatasan penting untuk dilakukan komunikasi antardaerah,” ujarnya.

Untuk itu, masing-masing wilayah juga mesti terbuka. Misalnya jumlah pasien dari provinsi lain berapa yang dirawat di Jateng, dan sebaliknya.

”Mari kita komunikasi, nanti saya bisa membantu ke Wonosari atau ke pacitan, atau nanti saya bicara antar-gubernur, bahwa di daerah perbatasan kita mesti kerja sama,” ujar Ganjar lagi.

Riyan-Sol