blank

SEMARANG – Mahasiswa prodi S1 Sastra Inggris Unissula, Lulu Lailatul Muna lolos Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dari Kemendikbud. Program tersebut akan berlangsung selama satu semester, dari bulan Agustus-Desember 2021.

Kepala UPT Kerjasama dalam dan luar negeri Unissula, Riana Permatasari MA MPd menjelaskan bahwa program IISMA merupakan program pertukaran pelajar ke luar negeri dalam rangka mendukung program merdeka belajar. Universitas tujuannya adalah universitas-universitas yang masuk dalam 100 besar maupun 300 besar terbaik dunia.

Menurutnya tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam program IISMA adalah agar mahasiswa memiliki pengalaman belajar dengan suasana akademik berbeda dan belajar bersama dengan mahasiswa dari negara lain. Dengan demikian mahasiswa akan memiliki kemampuan komunikasi inter cultural dan menambah pengetahuan di bidang akademik. “Tujuannya agar mahasiswa memiliki pengalaman belajar dengan suasana akademik berbeda dan belajar bersama dengan mahasiswa dari negara lain. Dengan demikian mahasiswa akan memiliki kemampuan komunikasi inter cultural dan menambah pengetahuan di bidang akademik,” jelasnya.

Ia juga berharap program ini akan terus berlanjut, dan semakin banyak mahasiswa Unissula yang berpartisipasi. “Harapannya program ini akan berkelanjutan dan setiap tahunnya semakin banyak mahasiswa Unissula yang dapat berpartisipasi dalam program tersebut sebagai salah satu implementasi merdeka belajar,” harapnya.

Mahasiwa yang ingin berpartisipasi dalam Program IISMA harus melalui dua tahap seleksi, yaitu tahap administrasi, dan dilanjutkan ke tahap wawancara apabila lolos di administrasi. Selain itu bekal yang harus dikuasai mahasiswa adalah kemampuan bahasa Inggris yang baik, IPK minimal 3, dan kemampuan menulis essay.