blank

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Jumlah penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Magelang, Selasa (15/6/2021) mencapai 144 orang. Terbanyak berasal dari satu desa yakni Desa Sriwedari, Kecamatan Muntilan, sebanyak 57 orang. Lainnya tersebar di Kecamatan Mertoyudan 25 dan Secang 22 orang.

Selain dari tiga kecamatan itu, tambahan pasien terkonfirmasi juga berasal dari Mungkid 10 orang, Tempuran 8, Salaman dan Tegalrejo, masing-masing 6 orang. Kemudian 3 orang dari Srumbung, 2 dari Borobudur dan masing-masing satu orang tersebar di Kajoran, Windusari, Ngluwar, Grabag dan Dukun.

“Penambahan kasus pasien terkonfirmasi akhir-akhir ini kebanyakan berasal dari hasil tracking yang dilakukan petugas Dinas Kesehatan. Terakhir ditemukan 57 warga Desa Sriwedari yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Kebanyakan penambahan kasus ini, kata Nanda, diawali dari penemuan kasus dalam keluarga yang kemudian menular ke warga sekitarnya. “Selain dari klaster keluarga, sebelumnya juga ada klaster jemaah masjid, gudang dan lainnya. Namun untuk klaster jemaah masjid dan gudang saat ini sudah sembuh,” jelasnya.

Terkait hal itu, pihaknya minta kepada seluruh masyarakat untuk menegakkan protokol kesehatan di mana pun berada. “Jangan abai, jangan meremehkan. Pandemi Covid-19 terbukti belum selesai. Prokes harus diketatkan lagi. Tidak boleh tidak,” tegasnya.

Namun meski ada penambahan kasus baru, hari ini juga ada penambahan 23 pasien terkonfirmasi sembuh. Terbanyak dari Kecamatan Mungkid 7 dan Secang 6 orang. Lainnya berasal dari Mertoyudan, Tempuran dan Tegalrejo, masing-masing dua orang. Selain itu juga ada satu orang di Salaman, Borobudur, Kajoran dan Muntilan.

“Hari ini juga ada tambahan satu terkonfirmasi meninggal, dari Mungkid. Dengan tambahan ini, jumlah komulatifnya menjadi 11.042 orang. Rinciannya, 124 dirawat dirumah sakit, 478 isolasi mandiri, 10.105 sembuh dan 335 meninggal,” ungkapnya.

Sementara untuk pasien suspek, saat ini ada tambahan dua pasien baru. Berasal dari Mungkid dan Muntilan. Namun juga ada tambahan dua pasien sembuh, dari Mertoyudan dan Pakis. Selain itu juga ada satu meninggal dari Dukun dan dua alih status terkonfirmasi dari Salaman dan Mertoyudan.

“Kini jumlah komulatifnya menjadi 2.091 orang. Terdiri dari 61 dirawat, 1.736 sembuh, 13 isolasi mandiri dan 281 selesai menjalani isolasi mandiri,” pungkasnya.

Eko Priyono