blank
Kepala BKD Wonosobo Prayitno menyerahkan dokumen Aplikasi E-Kinerja kepada Asisten Administrasi Umum Setda Supriyadi. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemkab Wonosobo melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) me-Launching Aplikasi Elektronik Kinerja Aparatur Sipil Negara(ASN) bertempat di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo.

Kepala BKD Wonosobo Prayitno mengatakan, melihat kondisi ASN di lingkungan Pemkab Wonosobo yang sekarang, proses penilaian kinerja khususnya penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) masih dilaksanakan secara manual.

“Belum memanfaatkan tekonologi informasi dan komunikasi. Sehingga mulai saat ini penilaian kinerja ASN sudah menggunakan Aplikasi E-Kinerja yang baru dilaunching,” katanya.

Meskipun demikian tambah Prayitno, sebagai pelaksana pembinaan manajemen kepegawaian, akan memotivasi seluruh PNS Wonosobo melakukan pengimputan kegiatan kerja ke aplikasi E-Kinerja.

Prayit mengemukakan, tujuan Aplikasi E- Kinerja dilaksanakan untuk memperbaiki proses penilaian kinerja pegawai, agar dapat berjalan efektif dan efisien.

Asisten Administrasi Umum Setda Wonosobo Supriyadi menyampaikan upaya meningkatkan sumber daya ASN di lingkungan Pemkab Wonosobo, melalui inovasi yang lebih efektif dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Maka Pemkab Wonosobo bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara RI Kantor Regional I BKN Yogyakarta menerapkan penilaian kinerja berbasis Aplikasi E-Kinerja.

Lebih Profesional

blank
Sejumlah ASN di Pemkab Wonosobo mendengarkan penjelasan Aplikasi E-Kinerja. Foto : SB/Muharno Zarka

Tujuannya, agar kualitas ASN menjadi lebih profesional dan merubah pola kerja menjadi lebih sistematis, sesuai dengan mekanisme, tugas pokok dan fungsi sebagai ASN.

“Adanya Aplikasi penilaian kinerja ini akan memberikan dampak yang baik terhadap penilaian Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) Pemkab Wonosobo ke depannya,” kata Supriyadi.

Lebih lanjut Supriyadi mengatakan bahwa aplikasi ini dapat memperbaiki pelayanan kepada para ASN di lingkungan Pemkab Wonosobo. Sehingga ke depan kinerja ASN akan lebih baik lagi.

“Saya berharap dengan adanya aplikasi penilaian kinerja ini bukan hanya memperbaiki nilai SAKIP Pemkab Wonosobo,” ungkapnya.

Tapi juga memperbaiki pelayanan-pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat k arena pada dasarnya kita adalah seorang Public Servant yang melayani masyarakat Wonosobo.

Mewakili Pemkab Wonosobo mengapresiasi dan memberi penghargaan serta ucapan terima kasih, kepada BKN RI dan Kepala Badan Kepegawaian Regional 1 Yogyakarta yang telah membantu dalam memberikan fasilitas aplikasi.

“Semoga Aplikasi E- Kinerja yang ditetapkan ini, benar-benar mampu menjadi pedoman bagi seluruh ASN di Pemkab Wonosobo untuk bisa bekerja lebih baik lagi,” katanya.

Sehingga implementasi tugas pokok dan fungsi bisa mencapai sasaran kinerja setiap tahunnya. Diharapkan kerja sama pada akhir LKPJ atau LPPD mampu mencapai indikator pemerintah yang baik.

Muharno Zarka