dr intan
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang. Foto: Yon

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Diduga usai mengikuti acara gathering di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, sebanyak 17 mahasiswa Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang terpapar covid-19.

Acara gathering tersebut sendiri dilaksanakan selama tiga hari pada Jumat – Minggu (4-6 Juni 2021) lalu. Sepulang dari acara tersebut  salah satu di antara mereka  mengalami gejala covid-19.

“Kemudian yang bersangkutan  memeriksakan diri dan swab mandiri dan dinyatakan positif covid-19. Setelah itu, sebanyak 11 rekannya sesudah diperiksa juga dinyatakan positif covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Covid 19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati, Senin ( 15/6).

Intan mengatakan, setelah mengetahui adanya 11 mahasiswa Untidar Magelang yang terpapar covid-19, petugas dari Puskesmas Magelang Utara melakukan penelusuran dan melakukan swab ulang.

Hasilnya, jumlah mahasiswa yang terpapar covid -19 bertambah menjadi 17 orang.

Diisolasi

Intan menambahkan, untuk penanganan lebih lanjut, semula para mahasiswa yang terpapar covid-19 tersebut diisolasi di Mess Atlet milik Pemkot Magelang yang ada di wilayah Bayeman, Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah.

“Namun, karena jumlah pasien  yang terus bertambah dari wilayah lain di Kota Magelang, maka Dinas Kesehatan Kota Magelang mengambil inisiatif memindahkannya ke Hotel Borobudur Indah Kota Magelang sebagai tempat isolasi mandiri,” kata Intan yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang.

Ia menjelaskan, tim satgas covid-19 Kota Magelang berencana akan kembali melakukan penelusuran dan swab PCR terhadap 117 orang di Untidar yang diduga merupakan kontak erat dengan pasien sebelumnya.

Terpisah, Rektor Untidar  Magelang Mukh Arifin  saat dikonfromasi mengatakan, pihaknya memberlakukan protokol kesehatan cukup ketat bagi semua orang yang akan masuk  lingkungan kampus.

Selain itu ia juga menegaskan, seluruh  mahasiswa yang kemarin terlibat kegiatan tersebut akan menjalani swab.

“Di kampus protokol kesehatan diperketat, mahasiswa yang kemarin terlibat kegiatan akan ditest swab,” katanya dalam pesan singkatnya.

Yon-mul