blank
Pasien bibir sumbing saat melakukan swab antigen di RS Bhayangkara Polda Jateng. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka hari jadi Dokkes Polri ke 75 dan HUT Bhayangkara tahun 2021, Rumah Sakit Bhayangkara Awaloedin Djamin Polda Jateng menggelar bhakti kesehatan operasi celah bibir dan celah langit-langit (bibir sumbing) untuk masyarakat umum.

Selain operasi bibir sumbing, ada juga kegiatan donor darah dan pemeriksaan Swab Antigen, pembagian gift (masker dan handsanitizer) serta pembagian sembako untuk masyarakat umum yang membutuhkan.

Wakarumkit Bhayangkara Polda Jateng, drg. Jaka Kusnanta Wahyuntara mrnyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk membantu masyarakat agar mereka bisa kembali tersenyum. “Ada hikmah yang diberikan Allah kepada mereka yang kurang beruntung, dan setiap tahun kita lakukan itu,” kata drg. Jaka, Senin (14/6/2021).

Menurut drg. Jaka, dari banyaknya masyarakat yang mendaftar, yang dinyatakan lolos screening untuk bisa melakukan operasi bibir sumbing hingga pagi ini ada 13 anak.

Dikatakan, mereka yang tidak lolos screening karena belum memenuhi syarat, bahkan ada juga yang dinyatakan reaktif.

“Mereka yang akan menjalani operasi bibir sumbing, harus memenuhi syarat-syarat diantaranya, HB minimal 10, lekosit maksimal 10, umur paling sedikit 10 minggu, dan bebas dari Covid-19,” jelasnya.

Sementara rangkaian kegiatan bhakti kesehatan dalam pelaksanaan operasi bibir sumbing, diawali dengan screening pada tanggal 14 Juni, dan untuk operasi dilaksanakan tanggal 15 dan 16 Juni 2021.

Sedangkan donor darah akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni, dan Swab Antigen untuk masyarakat umum dilaksanakan mulai 14 hingga 16 Juni 2021 pukul 08.00-11.00 WIB.

Ning