blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan pengarahan terkait penanganan Covid-19 di Mapolda Jateng. Foto: Dok/ ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama PJU Polda Jateng menggelar Rapat Peningkatan Penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polda Jateng, yang berlangsung di Lobby Mapolda Jateng, Senin (14/6/2021).

Dalam arahannya, Luthfi menyampaikan, bahwa penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah semakin meningkat, terutama di wilayah Kudus dan beberapa wilayah lainnya.

Hal ini menjadi atensi oleh Presiden dan Kapolri. Luthfi meminta kepada semua jajarannya agar selalu mensosialisasikan kepada masyarakat terkait Covid-19.

“Saya minta peningkatan penanganan lonjakkan Covid-19 di Jawa Tengah agar diviralisasikan, baik itu melalui medsos maupun medol, dan juga brosur, famlet, serta stiker,” kata Luthfi.

Terkait lonjakkan Covid di Kabupaten Kudus dan beberapa wilayah lainnya, Luthfi mengatakan, dokumentasi foto dan video tindak preemtif dan preventif dalam menangani lonjakan covid di wilayah Kabupaten Kudus dan beberapa wilayah lainnya, harus segera diviralisasikan.

“Untuk wilayah Jateng khususnya Kudus, agar dimasifkan dalam pembuatan narasi kepada publik, yang viralisasinya di media sosial dan media online,” tandasnya.

Luthfi meminta agar masing-masing Kasubbid menyiapkan bahan dan materinya. “Jika perlu mintakan ke jajaran bila tidak ada bahan. Berikan arahan kepada jajarannya dan turun ke wilayah jika diperlukan,” ungkap Luthfi.

Menurutnya, ada enam point yang harus dilakukan semua jajaran Polda Jateng terkait penanganan dan penyampaian Covid-19 kepada publik, diantaranya berita memakai masker, 5M 3T, dan berita penyemprotan massal mobil dan rumah.

Selain itu berita penyebaran brosur, pamlet, stiker, berita penerangan keliling tentang bahaya covid, berita tes swab antigen dan PCR, serta berita isolasi mandiri maupun terpusat.

“Terkait dengan berita isolasi mandiri maupun terpusat, harus ada statemen pasien langsung di rumah isolasi,” pungkasnya.

Ning