blank

SEMARANG– Philantropy Universitas Semarang mengadakan kegiatan Pelatihan Manajemen Referensi Dan Penulisan Manuskrip Artikel Ilmiah selama dua hari, Sabtu-Minggu (5-6/6/2021) kemarin.

Kegiatan pelatihan ini dimoderatori oleh Irwan Desyantoro,S.Psi.,M.Psi yang merupakan Alumni Magister Psikologi USM.

Narasumber pada Kegiatan tersebut menghadirkan yang pertama ada Dr. Erwin Erlangga, S.Pd.,M.Pd yang merupakan Editor in Chief Philanthropy dan narasumber yang kedua ada Yudi Kurniawan, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang merupakan Managing Editor Philanthropy. Dua narasumber ini juga merupkan dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Psikologi USM Dr.Rini Sugiarti,S.Spi.,M.Si,Psikolog.

“Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah berpikir runtut dan sistematis. Dalam proses pembelajaran di level sarjana hingga doktoral, salah satu indikator kemampuan berpikir ilmiah ini dibuktikan dengan penulisan karya ilmiah berupa skripsi/tesis/disertasi.maka dengan diadakan nya pelatihan ini para mahasiswa dapat menambah wawasan dan ilmu dalam penyusunan karya ilmiah baik dari skripsi atau tesis,” kata Rini Sugiarti.

Sementara itu, dalam pemaparan materi pertama Dr. Erwin Erlangga,S.Pd., M.Pd menjelaskan mengenai panduan penggunaan sofware manajemen referensi mendeley untuk windows. Menurutnya Mendeley merupakan software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu Anda mengorganisir penelitian, berkolaborasi dengan peneliti lain secara online dan menemukan publikasi penelitian terakhir.

Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian.

“File-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan- catatan dengan sticky notes atau highlight. Tulisan yang dibuat dengan Microsoft Word, Open Office atau LaTex bisa dihubungkan dengan software Mendeley sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis. Mendeley juga bisa dihubungkan dengan software manajemen referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero,” paparnya.

Dalam Pemaparan materi kedua Yudi Kurniawan, S.Psi., M.Psi., Psikolog menyampaikan mengenai Publikasi Artikel Ilmiah melalui Open Journal System untuk lolos di publikasi jurnal ilmiah bahwa cari jurnal yang sesuai dengan topik laporan/makalah.

“Bila bidang Anda di psikologi klinis, jangan kirimkan tulisan ke jurnal dengan spesifikasi psikologi industri dan organisasi, kecuali masih ada variabel yang beririsan (misalnya stres kerja, well-being pada karyawan, dan sejenisnya),” katanya.

Saat ini, lanjut Yudi, seluruh jurnal ber-ISSN dan terakreditasi sudah menggunakan format Open Journal System (OJS).

“Bila Anda bingung untuk teknis OJS, silakan kontak nomor pengelola jurnal yang dituju. Pastikan penulis mengikuti template artikel yang disediakan oleh penerbit. Artikel yang memenuhi kaidah penulisan dan sesuai dengan template berpeluang lebih besar untuk diterbitkan, Bila naskah Anda sudah diproses, ikuti alurnya dengan sabar. Patuhi tenggat waktu editing yang diberikan oleh editor/reviewer naskah, Lamanya proses editing hingga publikasi sangat bervariasi. Rata-rata 4-6 bulan. Bahkan ada jurnal yang proses editing hingga publikasinya lebih dari 12 bulan,” jelasnya.

Tujuan Kegiatan ini diadakan untuk para Peserta pelatihan mampu mencari referensi ilmiah secara daring, menyusun referensi yang sesuai dengan kebutuhan penelitian (skripsi/tesis), dan Peserta pelatihan mengetahui dasar-dasar dan metode penulisan artikel untuk kebutuhan jurnal ilmiah.

Saiful Hadi – USM