SEMARANG– Program komputer merupakan program aplikasi siap pakai dan menjadi bagian dari software itu sendiri, saat ini hampir seluruh kegiatan proyek, direncanakan dengan menggunakan software. VISSIM adalah salah satu program aplikasi dalam ilmu Teknik Sipil yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang rekayasa transportasi.

Di dalam Kerangka Acuan Kerja, terkadang terdapat permintaan terkait program yang digunakan untuk simulasi berupa VISSIM. Berdasarkan hal tersebut, maka pelatihan program VISSIM dasar oleh dosen Teknik sipil Univeristas Semarang (USM) dilakukan bagi pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Pati sebagai bentuk kegiatan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat pada Kamis (10/6).

Tim Pelaksana Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berasal dari beberapa dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik USM (Iin Irawati, S.T, M.MT; Ir. Diah Setyati Budiningrum, M.T, Faizal Mahmud, S.T, M.T) dan dibantu oleh dua mahasiswa Teknik Sipil USM (Rexy Mahendra Ramadhani dan Arman Ma’arrif) dengan peserta dari staf dan pejabat di lingkungan Dinas Perhubungan Kabupaten Pati.

Menurut Iin Irawati dalam dunia proyek, VISSIM dapat digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan transportasi yang berskala mikro, sehingga dapat merujuk pada rekomendasi teknik yang sesuai dengan kondisi lapangan.

“Kegiatan pelatihan meliputi pengenalan program, pembelajaran konsep pemodelan simulasi lalulintas serta aplikasi program VISSIM” ungkapnya.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pati, Teguh Widyatmoko, AP, M.Si. menyambut baik terlaksananya kegiatan ini.

“Atas nama Dinas Perhubungan Kabupaten Pati, kami menyambut baik kegiatan ini dan memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada USM yang bersedia melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di tempat kami”, tutur Teguh.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan terjalin kerjasama yang baik antara Institusi Perguruan Tinggi dengan Instansi Pemerintah”, lanjut Teguh.

Kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan sukses, hal tersebut terlihat dari keaktifan peserta dan adanya peningkatan skill peserta dalam mengaplikasikan program setelah diberikan pelatihan software VISSIM.

Secara terpisah, Kasi Rekayasa Lalulintas Dinas Perhubungan Kabupaten Pati, Slamet Santoso, S.H,M.M. menyampaikan terimakasih dan mengharapkan ada kegiatan lanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here