BREBES (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH melakukan sosialisasi vaksinasi Covid 19 kepada pedagang pasar, di Pasar Induk Brebes, Kamis (10/6). Dengan memegang megaphone, Narjo berkeliling pasar memberikan edukasi dan ajakan kepada para pedagang agar mengikuti vaksin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
“Virus corona sudah satu tahun lebih, menyandra kehidupan kita, maka dengan adanya vaksinasi mudah-mudahan virus corona segara hilang. Insya Allah, ekonomi pun akan bangkit lagi,” ujar Narjo.
Narjo mengatakan, kalau para pedagang itu rentan tertular virus karena berinteraksi langsung dengan pembeli dan pedagang lainnya. Dia berharap agar pedagang yang sudah divaksin memberikan edukasi juga dengan mengajak pedagang lainya agar mau divaksin.
Jangan percaya berita yang tidak benar atau berita hoax kalau vaksin itu bahaya. Vaksin ini sudah melalui tahapan demi tahapan dan sudah mendapatkan ijin dari WHO, BPOM dan bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.
“Ayo, jangan ragu untuk vaksin covid 19 agar kita semua sehat,” ajak Narjo dengan suara lantang.
Narjo menjelaskan, pedagang yang belum divaksin nanti didata dan diajak ke puskesmas untuk vaksin lanjutan sesuai jadwal.
Pelaksanaan vaksin secara serentak, lanjutnya, sudah dilaksankan di 25 pasar tradisional dan 40 pasar desa se Kabupaten Brebes. Pihaknya juga telah melakukan pemantauan vaksinasi diberbagai tempat antara lain di Pasar Songgom, Larangan, Brebes, Jatibarang, Kersana, Banjarharjo, Paguyanagn, Bantarkawung.
“Alhamdulillah, masyarakat pedagang datang dengan antgusias mengikuti vaksinasi dan tidak ada rasa takut dan percaya vaksinasi bisa mencegah corona,” ucap Narjo.
Kepada Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes (Dinkopumdag) Drs Zaenudin MSi pihaknya sengaja terjun ke Pasar untuk mengajak vaksin kepada pedagang pasar.
“Setelah sosialisasi, ada petugas yang akan mencatat pedagang yang belum divaksin dan akan diundang untuk divaksin. Kalau diundang beberapa kali tidak mau divaksin nanti akan ada sanksi dari dinas Kopumdag, kecuali karena alasan medis taidak layak untuk divaksin.
Kata Zaenudin, sinergitas vaksinasi di 25 pasar se Kabupaten Brebes, berjalan lancer, dan sudah tervaksin sebanyak 255 pedagang Pasar Induk Brebes yang sudah divaksin dari 600 pedagang. Vaksinasi selanjutnya akan dilanjutkan hingga tuntas.
Nino Moebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here