Bek tim nasional Spanyol Juan Miranda (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Lithuania dalam laga pemanasan jelang EURO 2020 di Stadion Butarque, Leganes, Spanyol, Selasa (8/6/2021) waktu setempat. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Tim nasional Spanyol untuk EURO 2020 akan menjalani vaksinasi untuk COVID-19 beberapa hari jelang start turnamen sepak bola terbesar di Eropa itu, demikian Menteri Kesehatan Carolina Darias pada Rabu.

“Kami akan memvaksinasi semua pemain di skuad Spanyol” dengan (dua dosis) vaksin Pfizer yang akan disuntikkan oleh “angkatan bersenjata”, kata Darias dalam jumpa pers seperti dikutip AFP.

Keputusan tersebut diambil setelah manajemen tim mengatakan telah menyiapkan skuad “paralel” yang terdiri dari 17 pemain cadangan yang mungkin harus bermain apabila infeksi menyebar di antara pemain.

Diego Llorente menjadi pemain kedua yang kedapatan positif COVID-19 dalam semalam setelah kapten Sergio Busquet terjangkit penyakit tersebut pada Minggu.

Sejak Minggu, seluruh anggota skuad Spanyol untuk EURO telah menjalani isolasi.

Federasi sepak bola Spanyol RFEF dalam laman resminya menyatakan mereka telah menerapkan “gelembung paralel” dan memanggil 11 pemain untuk bergabung dengan enam pemain cadangan yang telah bertugas membantu skuad utama yang terdampak virus corona.

Spanyol akan memulai kampanye mereka di EURO pada Minggu melawan Swedia di Grup E di selatan kota Seville.

Skuad Swedia juga terdampak oleh infeksi COVID-19, dengan dua pemain mereka, striker Dejan Kulusevski dan gelandang Mattias Svanberg, kedapatan positif.

“Staf pelatih timnas Spanyol telah memutuskan 11 pemain internasional yang dipanggil pada awal untuk pertandingan melawan Lithuania akan tetap menjadi bagian timnas senior,” demikian RFEF.

Ke-11 pemain itu adalah bagian dari tim U-21 yang mengalahkan Lithuania 4-0 pada Selasa petang dalam pertandingan pemanasan terakhir timnas Spanyol.

Mereka adalah Alvaro Fernandez, Oscar Mingueza, Marc Cucurella, Bryan Gil, Juan Miranda, Gonzalo Villar, Alejandro Pozo, Brahim Diaz, Martin Zubimendi, Yeremy Pino dan Javi Puado.

Mereka akan bergabung dengan enam pemain yang telah dibawa pelatih Luis Enrique sebagai jaminan apabila terdapat kasus tambahan di skuad Spanyol yaitu Rodrigo Moreno, Pablo Fornals, Carlos Soler, Brais Mendez, Raul Albiol dan Kepa Arrizabalaga.

Ke-17 pemain cadangan yang berada di gelembung terpisah tidak akan memiliki kontak dengan skuad utama EURO 2020.

Daftar skuad cadangan Spanyol:

Alvaro Fernandez (Huesca), Oscar Mingueza (Barcelona), Marc Cucurella (Getafe), Bryan Gil (Eibar), Juan Miranda (Betis), Gonzalo Villar (Roma/ITA), Alejandro Pozo (Eibar), Brahim Diaz (AC Milan/ITA), Martin Zubimendi (Real Sociedad), Yeremy Pino (Villarreal), Javi Puado (Espanyol), Rodrigo Moreno (Leeds/ENG), Pablo Fornals (West Ham/ENG), Carlos Soler (Valencia), Brais Mendez (Celta Vigo), Raul Albiol (Villarreal), Kepa Arrizabalaga (Chelsea/ENG)

Ant/Muha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here