Pesepak bola Persipura berlatih di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Rabu (21/4/2021). Latihan tersebut sebagai persiapan jelang Piala AFC 2021 dan Liga 1 2021.Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Pelatih Persipura Jacksen Tiago menegaskan bahwa Piala AFC 2021 dan Liga 1 Indonesia sama-sama penting untuk timnya.

Untuk itu, dalam konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Rabu (9/6), Jacksen memastikan Persipura membidik prestasi maksimal di dua kompetisi tersebut.

“Keduanya menjadi prioritas kami,” ujar juru taktik asal Brazil itu.

Menurut Jacksen, Piala AFC 2021 tidak bisa diacuhkan begitu saja karena turnamen tersebut menjadi wadah Persipura untuk menancapkan kuku di sepak bola internasional.

Selain berdampak juga bagi kepentingan sepak bola nasional, hal tersebut berpengaruh positif pula bagi karier pemain dan pelatih.

Jacksen, misalnya, beberapa kali mendapatkan tawaran pekerjaan dari klub-klub luar negeri karena dia pernah membawa Persipura ke perempat final Piala AFC 2011 dan semifinal Piala AFC 2014.

“Tawaran itu datang karena saya dianggap berprestasi di Piala AFC,” tutur pembesut tim nasional Indonesia pada tahun 2013 itu.

Sementara nilai penting Liga 1 adalah, Persipura hanya dapat berlaga di kompetisi AFC kalau berprestasi di liga.

“Kalau posisi kami bagus, kami bisa ke kompetisi AFC tahun berikutnya,” kata Jacksen.

Persipura akan berlaga di Piala AFC 2021 pada 29 Juni-5 Juli 2021. Di turnamen tersebut, Persipura bergabung di Grup H bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura) dan Saigon FC (Vietnam).

Setelah itu, Persipura akan mengarungi Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 mulai 10 Juli 2021. Liga ini diperkirakan berakhir pada Maret 2022.

Ant/Muha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here