Anggota Linmas Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, mengikuti pembekalan dari petugas Koramil dan Polsek. Foto: Ist

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Babinsa Koramil 07 Ngablak, Kodim 0705 Magelang, Serda Susilo bersama Babinkamtibmas Bripka Yulius memberikan pembekalan dan pembinaan anggota petugas perlindungan masyarakat (Linmas),  Kamis (10/6).

Kegiatan di Balaidesa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, itu tujuannya untuk meningkatkan kapasitas Linmas. Dalam kesempatan tersebit, Serda Susilo mengatakan bahwa Linmas sebagai mitra TNI mempunyai peran yang sangat penting di desa.

Banyak tugas yang diberikan oleh pemerintah kepada Linmas seperti yang tercantum dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014.

Petugas Linmas adalah warga masyarakat yang dipersiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan perlindungan.

“Menjaga keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan di desa. Bahkan dalam penanganan bencana alam,” kata Serda Susilo.

Dalam situasi masa pandemi ini, peran Linmas di masyarakat begitu penting keberadaannya di masyarakat, contohnya ikut mengajak masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Salah satu anggota Linmas Desa Jogoyasan Sutarno (43) yang  mengikuti kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Babinsa. Dengan adanya pembinaan tersebut dirinya menjadi lebih mengerti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

“Tentu kegiatan ini sangat bermanfaat mengingat tugas dan tanggung jawab Linmas yang kompleks sehingga perlu diadakan pembinaan dan pembekalan secara berkala,” kata Sutarno.

Eko Priyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here