blank
Ganjar menyempatkan diri mengecek kesiapan bantuan sembako untuk warga di Kabupaten Tegal, yang terpapar covid-19. Foto: dok/ist

SLAWI (SUARABARU.ID)– Meski termasuk zona merah, penanganan kasus covid-19 di Kabupaten Tegal masih cukup aman. Di tempat itu, tingkat keterisian rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR), baru mencapai 53 persen.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, saat mendampingi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan Jogo Tonggo di Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Kamis (10/6/2021).

”BOR masih 53 persen, jadi belum tinggi. Masih ada bed kosong, ICU juga masih tersedia,” kata Ardie.

BACA JUGA: Isolasi di Donohudan, Seorang Pasien Covid-19 Kudus Meninggal

Ditambahkan dia, pelaksanaan PPKM Mikro dan Jogo Tonggo di daerahnya juga berjalan optimal. Masing-masing desa telah membuat posko-posko PPKM Mikro, sebagai upaya penanganan.

”Kami di-backup TNI/Polri, semuanya bekerja bersama-sama. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota tetangga, untuk saling membantu kalau ada lonjakan. Mereka menegaskan siap membantu. Termasuk kami juga sudah meningkatkan vaksinasi,” ucapnya.

Ganjar pun mengaku cukup lega dengan kondisi itu. Apalagi jajaran Forkompimdanya kompak untuk gotong royong, bersama-sama menangani persoalan itu.

BACA JUGA: Membangun Kepercayaan Publik Harus Memberikan Informasi Akuntabel

”Saya optimistis, karena Forkompimdanya bagus. Kompak sekali. Tadi Wakil Bupati sudah sampaikan, Dinkes juga bahwa belum ada BOR yang sampai 100 persen. Jadi masih aman. Ini juga saya lihat Jogo Tonggonya bagus, semuanya nyengkuyung membantu. Bahkan warga Tegal yang kerja di daerah lain, juga ikut membantu,” ungka Ganjar.

Meski begitu, dia meminta Pemkab Tegal tetap menyiapkan Kontijensi Plan apabila terjadi situasi darurat. Kapasitas tempat tidur baik ICU maupun isolasi di rumah sakit harus ditingkatkan.

”Kalau kesulitan, langsung komunikasi dengan kami, agar segera dibantu dengan cepat. Jangan lupa koordinasi dengan Kabupaten/Kota di sekitarnya, agar bisa saling bantu,” sarannya.

BACA JUGA: Rektor Unwahas: Alumni Mempunyai Peran Penting, Diantaranya Membangun Opini Publik

Tak hanya itu, Ganjar juga berpesan, penanganan di hulu harus terus ditingkatkan. Edukasi dan sosialisasi pada masyarakat tentang protokol kesehatan tidak boleh berhenti.

”Prokesnya harus ketat, TNI/Polri siap membantu. Itu bahkan ada ormas Banser juga siap. Jadi harus terus cerewet,” terangnya.

Ganjar juga meminta Pemkab Tegal mengecek betul tentang persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Karena zona merah, Ganjar meminta Pemkab Tegal memastikan semuanya aman.

”Karena zona merah, PTM dicek betul dengan PPKM Mikro. Data epidemologinya dipakai, yang zona merah dalam PPKM Mikro itu, jangan dulu PTM-nya,” pungkas dia.

Riyan/Sol-mul