blank
Penanaman Pohon di bantaran Kali Elo, hari ini. Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan berbagai pihak menggelar kegiatan Gerakan Merti Kali Elo, Rabu (9/6/2021).

Dengan mengangkat tema “Restorasi Ekosistem” dilakukan penanaman pohon di bantaran Kali Elo, penebaran bibit ikan, dan kerja bakti bersih sungai. Diharapkan kegiatan itu mampu memberikan sumbangsih yang besar untuk kelestarian lingkungan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan, tahun ini Hari Lingkungan Hidup mengambil tema “Restorasi Ekosistem” dengan memfokuskan pada aksi mitigasi bencana akibat perubahan iklim dan menjaga keanekaragaman hayati.

“Ada nuansa filosofis dari tema yang diangkat kali ini, yaitu waktu yang telah berlalu tidak dapat kita kembalikan. Namun saat ini dan masa yang akan datang kita dapat menanam pohon, menghijaukan alam dan lingkungan, mengubah pola konsumsi, membersihkan sungai serta berbagai aktivitas positif lainnya dalam menjaga dan merawat lingkungan,” katanya.

Menurutnya, Kali Elo merupakan salah satu bentuk ekosistem di mana terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya yang saling mempengaruhi dan saling membutuhkan.

Kali Elo juga merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan di Kabupaten Magelang.

“Oleh karena itu perlu adanya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam secara sustainable dengan mempertimbangkan kondisi dan keseimbangan lingkungan,” tutur Adi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Sarifudin mengatakan bahwa peserta kegiatan Merti Kali Elo berasal dari instansi pemerintah, swasta, masyarakat dan pegiat lingkungan di Kabupaten Magelang.

“Kegiatan ini dimulai dari Dusun Pare, Blondo dan berakhir di Dwi Gangga, Mendut,” jelas Sarifudin.

Sementara Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto mengatakan, paguyuban operator rafting Kabupaten Magelang mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Magelang, dalam hal ini terwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk bersinergi melakukan tugas peduli terhadap alam.

“Kami mewakili teman-teman menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya. Tahun yang akan datang dari FAJI dan Paguyuban Arung Jeram Kabupaten Magelang siap bersinergi dengan pemerintah dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan kelestarian ekosistem air,” katanya.

Eko Priyono