Pengurus DMI Wonosobo ketika mendengarkan arahan Wakil Bupati M Albar. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Wakil Bupati Wonosobo M Albar berharap Dewan Masjid Indonesia (DMI) setempat dapat menguatkan perannya dalam memakmurkan masjid yang ada di daerah ini.

“Kehadiran DMI di tengah masyarakat Wonosobo harus dapat menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, dakwah Islam dan mampu menyebarkan pemahaman bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin,” katanya.

Wakil Bupati M Albar mengatakan hal tersebut saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) DMI Wonosobo, di Pendopo Bupati, Selasa (8/6). Hadir dalam kesempatan tersebut pengurus DMI dan Kepala KUA se-Wonosobo.

M Albar juga berpesan kepada DMI, buatlah program yang terukur, dapat diimplementasikan, serta bermanfaat bagi masyarakat di sekitar masjid. Sehingga program DMI bisa berjalan dengan baik.

“Saya minta kebermanfaatan bagi masyarakat menjadi poin utama, yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan program,” ujarnya.

Pihaknya berpesan kepada DMI untuk bersedia berperan aktif, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Karena saat ini pandemi global Covid-19 masih berlangsung dan belum tahu kapan akan berakhir.

Dalam konteks kegiatan saat ini, Rakor DMI adalah sarana untuk berkomunikasi dan berkoordinasi antarpengurus organisasi, juga dengan Pemkab Wonosobo.

“Saya harap acara hari ini dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif antara semua yang hadir. Sehingga diharapkan semua dapat bersinergi, dalam membangun daerah tercinta ini,” ujarnya.

Cegah Covid-19

Wakil Bupati Wonosobo, M Albar. Foto : SB/Muharno Zarka

Dengan Rakor DMI, diharapkan dapat menguatkan peran DMI dalam memakmurkan masjid. Seperti tujuan mulia organisasi DMI, yakni memakmurkan dan menghidupkan fungsi masjid, sebagai rumah ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.

“Buatlah program yang terukur, dapat diimplementasikan dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitar masjid. Kebermanfaatan bagi masyarakat menjadi poin utama, yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan program,” paparnya.

Terakhir, Wabup berpesan kepada DMI untuk bersedia berperan aktif, dalam upaya pencegahan penyebaran dan penularan penyakit Covid-19.

Dimulai dari penerapan protokol kesehatan bagi diri sendiri dan keluarga, kemudian ingatkan sanak saudara, tetangga, dan teman, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan di manapun berada.

“Saya kembali berpesan, untuk senantiasa mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, di manapun dan kapan pun.

“Karena setiap individu dan masyarakat seluruhnya, adalah garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19. Tetap kenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua DMI Wonosobo Tarjo menyampikan Rakor ini untuk mensosialisasikan program dan kegiatan DMI Pusat dan DMI Wilayah dalam melaksanakan rencana aksi terhadap problematika umat beragama.

“Selain itu agenda pada Rakor ini juga membahas Surat Edaran (SE) dari DMI Pusat agar membuat program peduli Palestina dan penanganan percepatan penularan Covid-19 dari sektor peribadatan di masjid,” katanya.

Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here