blank
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat kunjungan di Kabupaten Kudus. Foto:Dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Ganip Warsito meninjau Kabupaten Kudus, yang terkonfirmasi Covid-19 paling tinggi di Jawa Tengah, Minggu (6/6/2021).

Kapolri mengaku prihatin dengan meningkatnya Covid-19 di Kabupaten Kudus. Dia meminta kepada semua pihak termasuk TNI dan Polri agar lebih intensif dalam penanganan Covid-19.

Dari data yang diterima, Sigit menyebut jumlah yang terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 7.975 orang, dinyatakan sembuh 5.918 orang, dan meninggal dunia 659 orang. Hal ini menjadi perhatian khusus dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Sigit meminta semua instansi baik TNI, Polri, bersama-sama menangani Covid-19 di Kabupaten Kudus agar kembali pulih seperti semula.

“Masalah Covid-19 merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah, TNI ataupun Polri saja,” tandasnya.

Menurut Sigit, saat ini pemerintah, TNI dan Polri membutuhkan peran serta masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Minimal semua saling mengingatkan untuk disiplin terhadap protokol kesehatan yaitu 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Disampaikan, Polri bersama dengan TNI telah menyiapkan 8 water canon untuk penyemprotan disinfektan secara massal di semua tempat yang ada di Kabupaten Kudus.

“Water Canon ini akan berjalan 3 hari sekali di Kabupaten Kudus untuk melakukan penyemprotan disinfektan, jika masih kurang kita akan tambah lagi,” ungkap Kaplolri.

Kapolri juga memerintahkan Kapolda Jawa Tengah untuk lebih fokus menangani 6 desa yang terpapar Covid-19 dengan menerjukan satu SSK pasukan Brimob menjaga desa tersebut. Sehingga, tidak ada warga yang keluar kemanapun selama Isolasi mandiri ini.

“Semua pasukan baik Babinsa, Bahbinkamtibmas, Bataliyon dan Brimob serta tenaga kesehatan, semuanya kita floting di Kabupaten Kudus ini. Dengan harapan agar Kabupaten Kudus kembali seperti semula,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro, Mayjend TNI Rudianto, serta pejabat utama Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro.

Ning