blank
Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi terhadap korban yang tewas terjepit badan truk. Foto: Dok Basarnas Wonosobo/Ist
SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi sopir truk yang tewas akibat terjepit badan truk expedisi milik PT. Pos Indonesia, pada Jumat (21/5/2021) malam.
Korban, Azizir R (33) warga Desa Kepatihan RT.04/02 Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur itu mengalami kecelakaan diduga karena mengantuk saat mengendarai truk tersebut.
Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya menyampaikan, kecelakaan terjadi pada Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 17.30 WIB. Mulanya truk tersebut melintas di jalan raya sekitar Desa Ganudulekor Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara.
“Setiba di lokasi kejadian yang jalannya naik turun, dan di kanan kiri jalan terdapat jurang, truk tersebut oleng, dan terguling hingga terperosok ke jurang. Akibat kejadian itu kabin truk bernopol L 8429 UT ringsek, dan sopir terjepit didalamnya,” ungkap Yahya kepada awak media di Semarang, Sabtu (22/5/2021).
“Ada dugaan sopir mengantuk sehingga kehilangan kendali,” kata Yahya.
Atas kejadian tersebut, Yahya memerintahkan Koordinator Basarnas Pos SAR Wonosobo, Hardi Amanurijal untuk memberangkatkan 1 tim rescue guna melaksanakan evakuasi disertai alat extrikasi.
Yahya menjelaskan, dalam proses evakuasi dilakukan menggunakan combi cutter dengan memotong bagian kabin depan dasboard untuk mengakses korban bisa keluar.
Menurutnya, kondisi yang sempit dan kurang penerangan menjadi kendala tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi.
“Tim terus berjibaku dalam medan yang sempit dan penerangan yang kurang. Beruntung posisi truk tidak jatuh terlalu dalam karena terhalang pepohonan,” ujar Yahya.
Sekitar 1,5 jam tim SAR gabungan terus berupaya hingga akhirnya korban berhasil dievakuasi.
Setelah berhasil dievakuasi korban dibawa ke Rumah Sakit Emanuel Kecamatan Klampok, Kabupaten Banjarnegara.
Ning