blank
Ketua Umum MASDARWIS, Kyatmaja Lookman saat membuka pameran lukisan di Balai Budaya Jakarta. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Perkumpulan Masyarakat Sadar Seni Budaya dan Pariwisata (MASDARWIS) menggelar kegiatan sosial berupa lelang amal peduli Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam kegiatan tersebut MASDARWIS bekerja sama dengan Peruja Jakarta, yakni komunitas seni rupa Jakarta.

Kegiatan sosial lelang amal peduli NTT ini akan melelang sebanyak lima lukisan dari lima pelukis Peruja.

Ketua Umum MASDARWIS, Kyatmaja Lookman mengungkapkan, nantinya hasil lelang sepenuhnya akan diserahkan untuk membantu rekonstruksi NTT pasca bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu.

“MASDARWIS bersinergi dengan Peruja sengaja menggelar kegiatan sosial ini untuk membantu saudara-saudara kita di NTT,” kata Kyatmaja Lookman, Sabtu (22/5/2021).

Disampaikan, pihaknya menyadari akan lebih banyak kebutuhan dimasa rekonstruksi untuk memulihkan seluruh aspek kebutuhan masyarakat di sana. Dimana sejumlah wilayah di NTT dihantam cuaca ekstrem siklon tropis seroja pada 4 April 2021 lalu.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT bahwa seluruh korban hingga 28 April 2021 tercatat ada 182 orang meninggal dunia, korban hilang 47 orang, dan 184 orang mengalami luka-luka.

Sedangkan untuk pengungsi ada 84.876 jiwa yang tersebar di 63 titik pada 10 kabupaten/kota, 3.494 fasilitas umum rusak, dan 21 dari 22 Kabupaten dan kota terdampak.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Lelang Amal MASDARWIS, Hans Anthony menjelaskan, lelang lima lukisan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Secara teknis, lelang dilaksanakan kurang lebih dalam tiga minggu untuk lima lukisan karya lima pelukis Peruja. Hasil lelang secara terbuka akan disampaikan melalui relawan atau yayasan yang concern di NTT terkait pemulihan kondisi pasca bencana alam,” ungkap Hans Anthony.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina MASDARWIS, Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, MSI yang juga seniman ini mengharap partisipasi dari para kolektor seni dalam lelang amal tersebut.

“Karya-karya yang dilelang ini memang didedikasikan untuk NTT, artinya apapun yang dapat dihasilkan dari karya ini untuk membantu saudara-saudara kita di NTT,” tuturnya.

Dirinya berharap kolektor dari berbagai kalangan bisa ikut berperan serta dalam kegiatan lelang amal ini. “Semoga menjadikan ladang pahala bagi kita semua,” pungkas Chryshnanda.

Ning