Jalan rusak di Desa Kaligowong, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, berbatasan dengan Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

WONOSOBO (SUARABARU.ID)- Jalan Utama Desa Kaligowong, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo,  rusak berat. Jalan di desa terpencil itu mengalami kerusakan cukup parah. Nyaris lubang jalan terjadi di sepanjang badan jalan.

Beruntung kini memasuki kemarau. Pada musim hujan kerusakan akan semakin parah. Kondisi tersebut tidak sedikit membuat pengendara mengalami kecelakaan. Padahal salah satu sarana pendukung peningkatan perekonomian yakni akses jalan.

Selain menjadi penghambat mobilitas penduduk, kerusakan jalan juga membahayakan. Jalan yang rusak kerap menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan. Selain itu, hal tersebut berisiko tinggi terhadap kerusakan barang bawaan.

Warga sudah lama mengeluhkan kerusakan Jalan utama Desa Kaligowong, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo.(Foto:SB/Ist)

Ketua Karang Taruna Desa Kaligowong, Suryo Hadi mengungkapkan, jalan rusak tersebut sudah lama sehingga dirinya menanyakan kinerja Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

“Kok bisa sudah sekian lama masih saja jalanya seperti itu.  Apakah karena kurang perhatian dari Pemerintah Kabupaten,” ungkapnya, Senin 17 Mei 2021.

Terkait jalan tersebut, Suryo sudah sering mendengar jalan tersebut jalan provinsi dan sudah mau diperbaiki. Namun sampai saat ini belum juga terealisasi.

“Sudah sering mendengar bahwa jalan tersebut jalan provinsi dan  mau diperbaiki. Akan tetapi sampai saat ini, belum juga terealisasi,”ungkapnya.

Hal senada dikatakan oleh Fathurohman Wahid, yang juga Sekretaris Karang Taruna Desa Kaigowong. Menurut Fathurohman, jalan tersebut telah puluhan tahun belum pernah diperbaiki. Hal tersebut tentunya sangat menyulitkan masyarakat yang hendak beraktifitas.

Kami berharap ini segera diperbaiki. Sehingga dapat mempermudah masyarakat saat beraktifitas. Jika masih seperti ini sangat sulit dan berbahaya,”kata Fathurohman,

Sementara itu Sekdes Kaligowong M Dedi Hidayat menyatakan, untuk jalan utama karena itu merupakan Jalan Provinsi dari anggaran Dana Desa tidak bisa di alokasikan. Jadi sementara belum ada rencana perbaikan untuk saat ini.

“Mohon maaf karena saya baru, juga belum begitu paham apakah jalan utama sudah direncanakan untuk perbaikan apa belum. Terus untuk yang jalan Kalipenggung ada atau tidaknya saya belum melihat di APBDes. Pedoman pembangunan di desa mengacu pada APBDes tahun 2021,”jelas Sekdes.

Desa Kaligowong merupakan salah satu desa terpencil di Kabupaten Wonosobo, berjarak sekitar 52 kilometer dari pusat kota. Desa kaligowong berbatasan dengang wilayah Kebumen utara.

Jalan rusak tersebut menurut warga merupakan Jalan Provinsi, penghubung antara Desa Kaligowong, Wonosobo, dengan Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kebumen.

Komper Wardopo