blank
Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna. Foto: Dok/

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sembilan orang yang tenggelam dalam tragedi di tempat wisata Waduk Kedung Ombo, Kecamatan Kemusuk, Kabupaten Boyolali, pada Sabtu (15/5/2021) berhasil ditemukan petugas gabungan.

Hal ini disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna kepada awak media di Mapolda Jateng, Senin (17/5/2021).

Iskandar menyampaikan, dalam pencarian oleh petugas gabungan pada Minggu (16/5) kemarin, satu korban ditemukan di lokasi kejadian sekitar pukul 21.00 WIB. Dan satu korban lain ditemukan Senin pukul 05.00 WIB.

“Kedua korban yang masih anak-anak ditemukan meninggal. Keduanya ditemukan mengambang tak jauh dari tempat kejadian,” terang Iskandar.

Dijelaskan Iskandar, kedua korban yang ditemukan tersebut bernama J (1,6) dan NS (8), sehingga total korban tenggelam yang meninggal di Waduk Kedung Ombo berjumlah sembilan orang.

“Alhamdullilah kedua korban sudah kita serahkan kepada pihak keluarga,” ungkapnya.

Iskandar mengimbau kepada masyarakat, jangan sampai kejadian di tempat wisata Waduk Kedung Ombo terulang lagi. “Pertama patuhi protokol kesehatan, ini sangat diperlukan di lokasi wisata, karena di lokasi Kedung Ombo kemarin tampak terlihat pengunjung yang melebihi kapasistas dan tidak menggunakan masker,” ujar Iskandar

Kedua, lanjut Iskandar, jika lokasi wisata sudah penuh, masyarakat tidak usah melakukan wisata di tempat tersebut, untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Terkait dengan wisata air, pengunjung juga harus mengetahui kapasitas dari lokasi wisata air itu sendiri.

“Jika kapasitas perahu hanya untuk 10 orang, jangan sampai ditambah lagi penumpangnya. Perhatikan juga jika perahu atapun kapal tidak memiliki pelampung untuk penumpang, lebih baik tidak usah menaiki perahu tersebut,” tandasnya.

Ning