blank
Fokus pembagian paket masker dan hand sanitizer ditujukan kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Sarang dan Pasar Kota Rembang, serta warga yang berada di tempat fasilitas umum. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) Untuk mendukung Rembang Bebas Covid-19, Semen Gresik (SG) melalui Tim Satgas BUMN PIC Tanggap Bencana Kabupaten Rembang membagikan ribuan paket masker dan hand sanitizer.

Tim membagikan barang-barang tersebut di sejumlah pasar tradisional dan lokasi fasilitas umum di Kabupaten Rembang. Bukan hanya  masker yang dibagikan, set pakaian alat pelindung diri (APD) beserta  face shield (pelindung wajah)  juga didistribusikan ke wilayah perbatasan Kabupaten Rembang seperti Sarang dan Kaliori.

Fokus pembagian paket masker dan hand sanitizer adalah para pedagang dan pengunjung Pasar Sarang dan Pasar Kota Rembang, serta warga yang berada di tempat fasilitas umum. Hingga kini,  sekitar 20.000 paket masker sudah dibagikan SG sebagai dukungan menekan angka penularan sehingga Rembang secepatnya bebas dari pandemi covid-19.

Menurut Kepala Unit Komunikasi dan CSR SG, Dharma Sunyata, pembagian masker dan APD melalui program CSR  sebagai bentuk kepedulian dan edukasi, sekaligus  mengingatkan kepada masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19.

blank
Tim Satgas BUMN, melalui CSR PT Semen Gresik mendistribusikan ribuan masker dan hand sanitizer kepada para pedagang dan pengunjung Pasar di Kabupaten Rembang (Pasar Sarang dan Pasar Kota Rembang). Foto: Humas SG

Dharma melanjutkan, pemilihan pasar dan fasilitas umum sebagai titik sasaran pembagian masker karena merupakan pusat keramaian sehingga menciptakan potensi kerumunan massa.  Di pasar dan fasilitas umum, kebanyakan orang datang dari berbagai penjuru untuk berbelanja dan berinteraksi, namun seringkali lupa pada protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

”Melalui tim Satgas BUMN, Semen Gresik hadir untuk mengedukasi dan  mengingatkan masyarakat agar patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kita butuh kebersamaan untuk melawan Covid-19,” kata Dharma dalam siaran persnya, Senin (17/5).

Hingga saat ini, tandas Dharma, angka penularan pandemi belum melandai. Pencegahan penularan yang efektif  dilakukan melalui adaptasi terhadap pola kebiasaan baru, salah satunya dengan perlindungan ekstra seperti mengenakan masker dan face shield dalam beraktivitas, khususnya saat keluar rumah. Dharma Sunyata berharap, program pembagian masker ini juga ikut membangun optimisme masyarakat untuk dapat menekan angka penularan Covid-19 secara nyata.

Pembagian masker dan hand sanitizer secara gratis dari SG ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Kepala Pasar Sarang Alwi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang besar atas langkah taktis dan kontribusi SG terhadap perlindungan warga Rembang melalui program ini.

”Saya menilai sangat bermanfaat karena mengedukasi serta memberikan contoh agar masyarakat selalu taat terhadap protokol kesehatan. Harapan kita semua tentu pandemi Covid-19 segera berakhir,” tandasnya.

Widiyartono R