blank
Para dosen, pejabat struktural, Yayasan dan karyawan IAINU Kebumen mengikuti silaturahmi virtual Minggu 17/5 malam.(Foto;:B/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Keluarga besar Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen Minggu (16/5) malam menggelar silaturahmi secara daring (dalam jaringan ) atau virtual.

Kegiatan silaturahmi virtual dimulai sekitar Pukul 19.30-21.00 itu berlangsung semarak dan akrab. Diikuti sekitar 70 peserta dari pejabat struktural, lembaga, para dosen dan karyawan melalui zoom cloud.

Acara dipandu langsung Wakil Rektor I IAINU Kebumen Fikria Najitama MSi. Ketua Yayasan Penyelenggara Pendidikan Nahdlatul Ulama (YPPNU) Kebumen H Maruf Widodo MPdI juga menghadiri silarurahmi.

Wakil Rektor II IAINU Kebumen Faizal MAg menuturkan, semestinya sejak tahun lalu dirinya mendapat giliranmenjadi tuan rumah silaturahmi. Berhubung pandemi Covid-19, silaturahmi Idul Fitri dua tahun terakhir masih dilaksanakan secara virtual.

Rektor IAINU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI dalam sambutan sekaligus menyampaikan ikrar silaturahmi mewakili segenap Civitas Akademika IAINU Kebumen. Imam menyampaikan, dari lubuk hati yang tulus, baik secara lisan maupun tindakan keluarga besar IAINU Kebumen memohon maaf kepada Yayasan selaku pemberi amanah bagi segenap struktural, dosen dan karyawan.

Menurut Imam Satibi, momentum Idul Fitri meski di tengah pandemi tetap tidak mengurangi makna untuk menjalin tali silaturahmi. Bahkan Idul Fitri bisa menjadi sarana untuk evaluasi diri pribadi serta kelembagaan menuju masa depan lebih baik.

Rektor Imam mengajak struktural , fakultas, prodi, lembaga dan dosen serta karyawan meningkatkan etos kerja dalam upaya meningkatka kualitas institut. Bahkan ke depan peran fakultas dan prodi dalam meningkatkan kualitas akademik dan kuantitas mahasiswa sangat menentukan.

“Dalam waktu dekat ada akreditasi Pascasarjana dan prodi. Maka peran prodi ke depan semakin menentukan. Silahkan dosen bersama kaprodi dan dekan di tiap fakultas sering bersinergi dan berkomunikasi untuk mencapai target terbaik bagi institut,”tandas Imam.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan civitas akademik yakni partisipasi dosen maupun mahasiswa dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga atau institusi lain. Utamanya sebagai peserta aktif seperti narasumber.

Demikian pula kegiatan penulisan jurnal ilmiah harus diintensifkan. Termasuk kegiatan riset dan penelitian. Penting pula sinergi dan koordinasi staf dan dosen dalam kegiatan ilmiah dan akademik serta penerimaan mahasiwa baru (PMB).

Sedangkan Ketua YPPNU Makruf Widodo menjawab ikrar Idul Fitri dan memberi pembinaan. Makruf Widodo menilai, di satu sisi IAINU Kebumen sudah berjalan baik. Namun di sisi lain sebagai kampus swasta tertua di Kebumen harus  terus memperbai kinerja akademik dan kualitas lulusan. Mengingat lembaga lain pun terus melakukan perubahan.

Makruf Widodo mengajak segenap civitas akademika mulai struktural, lembaga, fakultas, dosen dan karyawan berkomitmen meningkatkan pengabdian dan profesionalisme. Para dosen perlu semakin serius berkarya dalam kegiatan ilmiah, seperti meningkatkan kualitas jurnal ilmiah.

Komper Wardopo