blank
Komedian Petrix (tengah), menjadi relawan dalam kegiatan sosial berbagai sembako untuk lansia, di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Foto: dok/ist

UNGARAN (SUARABARU.ID)– Ada yang berbeda dari suasana pembagian sembako untuk puluhan lansia di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, pada momentum akhir Ramadan lalu.

Para lansia penerima sembako mendapat kejutan, dengan hadirnya relawan aksi yang tidak biasa. Siapa relawan itu? Dia adalah Petrix, komedian ternama yang sering tampil bareng Tukul Arwana, pada beberapa program di stasiun televisi Nasional.

Komedian bernama asli Amar Sodiq ini merupakan putra asli Jambu, yang namanya telah meroket di dunia hiburan Tanah Air.

BACA JUGA: Toleransi Beragama, Jemaat GKJ Salaman Beri Salam “Namaste” Bagi Umat Islam

”Selama pandemi ini, saya memang sering pulang kampung. Kebetulan ada bisnis yang sudah berjalan di kampung, juga sekalian berbuat baik pada sesama. Saya senang dilibatkan dalam aksi sosial seperti ini,” ujar komedian bertubuh tambun ini.

Dalam kegiatan itu, Petrix terlihat sangat bersemangat ikut menjadi relawan dengan cara mendatangi rumah-rumah penerima sembako. Tentu saja kedatangan Petrix membawa suasana yang berbeda. Para nenek dan kakek lansia merasa terhibur dengan ulah kocaknya.

Sedekah sembako yang dimotori Wildan Adi Nugraha bersama timnya ini, menjadi gelombang terakhir aksi sosial yang sudah berjalan sejak awal Ramadan. Aksi itu dilakukan di beberapa wilayah, di antaranya Kota Semarang, Demak, Kabupaten Semarang, Kendal dan Salatiga.

BACA JUGA: Covid-19 Naik 120 Persen, Bupati Imbau Warga Berlebaran dengan Prokes

Sementara itu, Petrix yang pernah menjadi Host Program Kuliner Trans7 Warna-Warni Jawa Tengah ini, sekarang tengah sibuk menggeluti bisnis kulinernya. Petrix membuka restoran bernama Petrix Fried Chicken (PFC), dan kini telah membuka tiga cabang di Jambu dan Ambarawa.

”Saya dan istri saya langsung yang menjadi chef-nya. Lumayan untuk menyambung hidup. Kadang-kadang juga untuk menyumbang,” canda Petrix.

Keputusan menjalankan bisnis kuliner ini dirasa tepat, sebagai upaya antisipasi naik turunnya job di dunia hiburan. ”Kini makin banyak kompetitor, membuka bisnis menjadi pilihan yang tepat,” ujar komedian jebolan Audisi Pelawak Indonesia (API) TPI pada 2005, yang satu angkatan dengan Sule.

Sebagai seorang artis, Petrix merasa kariernya sudah cukup baik. Ayah dua putra ini tercatat sudah main di beberapa judul FTV, sinetron, iklan hingga berakting di layar lebar.

”Semua berkat bimbingan Mas Tukul Arawana. Saya sudah ikut Mas Tukul 10 tahun terakhir ini,” pungkas komedian yang pernah main di sinetron Jin dan Jun, Manusia Ikan dan Putri Duyung ini.

Shinta Ardhan-Riyan