Warga ketika menerima ganti rugi tanah untuk pembuatan Bendungan Bener. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar, bertemu dan menyaksikan warga Desa Bener yang mendapat Uang Ganti Kerugian (UGK) tahap 2, dampak dari pembuatan Bendungan Bener.

Pihaknya mengingatkan kembali agar tetap bersyukur sembari berharap agar uang yang diterima bisa dipergunakan semestinya untuk hal yang produktif. Sebagai bekal masa depan hingga ke anak cucu.

“Saya mohon panjenengan bisa menata dengan sebaik baiknya. Gunakan dengan semestinya. Uang jangan dipakai untuk hal yang konsumtif. Namun saya minta digunakan untuk hal produktif yang berguna dimasa mendatang hingga ke anak cucu,” tegasnya.

Apa yang sudah diterima tersebut akan menjadi amanah bagi anak cucu untuk kesejahteraan mereka ke depan.

“Gunakan yang produktif, untuk persiapan anak cucu ke depan. Karena ini juga termasuk amanah bagi anak cucu kita. Insya Allah nanti akan lebih sejahtera lagi dari pada saat ini jika dipergunakan semestinya,” ucap Albar.

Dengan adanya Bendungan Bener ini, menurut Albar, banyak yang bisa dan harus dilakukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Tempat Wisata

Wakil Bupati Wonosobo, M Albar. Foto : SB/Muharno Zarka

Sembari berharap ini ditata dan dikemas sedemikian rupa. Baik secara ekonomi maupun lain sebagainya. Dengan melakukan kolaborasi bersama yang melibatkan masyarakat setempat, sesuai aturan yang ada. Usalah satunya untuk mengolah menjadi tempat wisata yang baik dan menarik.

“Ini sebuah kesempatan untuk perbaikan diri. Sehingga uang yang diterima saya harapkan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya, tidak untuk konsumtif. Tapi harus efektif dikelola sebaik-baiknya sampai ke anak cucu, agar bisa berdaya,” ujar.

Seperti dengan memanfaatkan momen hari ini untuk masa depan, dalam rangka memakmurkan diri dan keluarganya, dan jangan sampai hal ini menjadi beban keluarga ke depan di kemudian hari.

Sementara itu, Kasi Pengadaan Tanah BPN Wonosobo, Lujeng Arianto menjelaskan bahwa hari ini merupakan pemberian UGK Pbangunan Bendungan Bener tahap kedua kepada 31 bidang.

Dari total bidang yang masuk wilayah Wonosobo sebanyak 1.010 bidang, dan sudah dibayarkan pada tahap pertama sebanyak 724 bidang. Sementara sisanya akan ditargetkan bukan Juni 2021 akan selesai.

“Hari ini dibayarkan 31 bidang dari total 1010 dan sudah dibayarkan ditahap pertama lalu, sejumlah 274, sisanya 286 dan hari ini 31, sisanya ditargetkan di bulan Juni 2021 selesai, dari habis lebaran sampai Juni harus selesai,” tegasnya.

Muharno Zarka