blank
Para pengurus tiga masjid besar di Semarang, MAJT, Baiturrahman dan Kauman, saat melakukan rapat di Kantor Masjid Raya Baiturrahman, Semarang, guna menentukan pelaksanaan Shalat Id 1 Syawal 1442 H. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tiga masjid besar di Kota Semarang, dipastikan akan mengelar Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Tiga masjid besar itu adalah, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Gayamsari, Masjid Raya Baiturahman di kawasan Simpanglima dan Masjid Agung Semarang (MAS) di Kauman Semarang.

”Namun untuk pelaksanaannya tetap menunggu pengumuman resmi dari pemerintah, yang hisab rukyah-nya serta sidang isbath akan dilaksanakan Selasa (11/5/2021). Tetapi kemungkinan besar Idul Fitri 1 Syawal 1442 serentak bersama pada Kamis (13/5/2021),” kata Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng, Drs KH Muhyiddin MAg, Senin (10/5/2021).

Muhyiddin yang juga Sekretaris Dewan Pelaksana Pengurus MAJT menjelaskan, pengurus tiga masjid besar telah melakukan rapat bersama, di Kantor Masjid Raya Baiturrahman, Semarang.

BACA JUGA: Thailand Tangkap Sejumlah Wartawan dan Pegiat Asal Myanmar

MAJT diwakili KH Muhyiddin dan Supriyanto. Kemudian Ir KH Khammad Maksum AlHafidz dan KH Muhaimin dari Masjid Agung Semarang dan Dr KH Ahmad Darodji, Drs KH Anasom M Hum dan Dr Multazam Ahmad dari Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Hadir pada kesempatan itu, Kasubag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Jateng, Afif Mundzir dan Ketua Komisi Fatwa MUI, Drs KH Ahmad Hadlor Ihsan.

Ketua Umum Pengurus YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah, Dr KH Ahmad Darodji MSi menyatakan, tiga masjid sepakat akan memulai Shalat Id pada Kamis 1 Syawal 1442 H atau 13 Mei 2021, pukul 06.45 WIB.

BACA JUGA: Sepekan, Sukoharjo Tambah 106 Kasus Covid-19

Kiai Darodji mengungkapkan, pelaksanaan ibadah Shalat Id dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti semua jamaah wajib memakai masker, menjaga jarak di antara sesama jamaah, dan melakukan cuci tangan saat baru tiba dan saat pulang dari masjid. Yang sedang tidak sehat, disarankan untuk melaksanakan ibadah sendiri di rumah masing-masing.

”Karena itu, agar ada jarak di antara jamaah, barisan shalat (saf) dibuat renggang, sehingga kapasitas masjid hanya bisa menampung setengah dari kapasitas sesungguhnya. Masjid juga menyediakan alat pendeteksi suhu badan, tempat cuci tangan serta sabun bagi jamaah,” terang Kiai Darodji.

Di Masjid Raya Baiturrahman bertindak sebagai imam, KH Zaenuri Ahmad Al-Hafidz dan khatib Dr KH Ahmad Darodji MSi. Di Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman imam KH Hanief Ismail Lc dan khatib KH Abdul Rozaq AlHafidz MAg.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Ingin ke Karimunjawa

Sedang di MAJT imam KH Ulil Abshor AlHafidz dan khatib Prof Dr H Noor Achmad MA. ”Agar tidak terjadi kerumunan massa, kami menghimbau agar seluruh masjid dan mushala juga menggelar Shalat Id. Untuk sementara tidak perlu ada acara salam-salaman,” harap Kiai Darodji, yang juga Ketua Umum MUI Jateng itu.

Sementara itu, Dr H Multazam menambahkan tahun ini Lapangan Pancasila Simpanglima tidak digunakan untuk Shalat Id. Pelaksanaannya dipindahkan di dalam Masjid Raya Baiturrahman.

”Jamaah harus bawa masker, sajadah, cuci tangan saat tiba di masjid. Dan juga bawa kantong plastik atau tas dari rumah, untuk tempat alas kaki masing-masing demi keamanan dan menjaga kesucian masjid,” imbuh Multazam.

BACA JUGA: Dua Korban Ledakan Petasan Meninggal Dunia

Sedangkan Ketua Yayasan Badan Pengelola Masjid Agung Semarang, Ir KH Khammad Maksum, menyampaikan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat bagi jamaah. Untuk pembagian zakat fitrah dilakukan panitia dari rumah ke rumah, supaya tidak terjadi kerumunan.

Ada pun Sekretaris Pelaksana Pengelola MAJT Drs KH Muhyiddin MAg mengutarakan, kapasitas MAJT di ruang utama dan Hall Plaza (di bawah payung raksasa), saat kondisi normal bisa menampung 8.000 orang, namun saat pandemi hanya dibatasi sepertiganya saja, yakni 2.500-3.000 orang.

Berikut Daftar Imam dan Khatib Shalat Id 1442 H di Kota Semarang
1. Dr KH Ahmad Darodji MSi, Masjid Raya Baiturrahman, Simpanglima Semarang Khatib, Imam KH Zaenuri Ahmad Al-Hafidz.
2. Prof Dr Noor Ahmad MA, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jl Gajah Raya Semarang Khatib, Imam KH Ulil Abshor Al-Hafidz.
3. Imam KH Hanief Ismail Lc dan Khatib KH Abdul Rozaq Al Hafidz, Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman.
4. DR H Ali Imron Hasan, Masjid Al-Haibah, Jalan Raya Mangkang, Wonosari Ngaliyan Semarang.
5. Drs KH Anasom MHum, Masjid Balaikota Semarang / Gedung Muh Ihsan
6. Drs H Agus Fathuddin Yusuf MA, Masjid Al-Hidayah, Jalan Musi II A, Bugangan, Semarang Timur.
7. Dr KH Ahmad Izzuddin MAg, Masjid Al-Ikhlas Beringin Lestari.
8. Ky Abdul latif Yasin, Masjid Sambungharjo Permai Genuk.
9. Rofiul Khafidz Muthohar SAg, MSi Masjid Salagiyatul Huda Randusari Semarang Selatan.
10. Ust Nur Siroj SAg, Mushala Baitun Na’im, Ganginsari 1 RT 05/05 Bangetayu Wetan, Genuk, Semarang.

Riyan-Sol