blank
Suasana pameran produk hasil bumi ungulan Kebumen di Gudang Cadangan Pangan Jalan Tentara Pelajar.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan para penyuluh pertanian  selama dua  hari (10-11/5) mengadakan Pasar Mitra Tani Gelar Hasil Bumi Kebumen di Gudang Cadangan Pangan, Jalan  Tentara Pelajar.

Bupati Kebumen  Arif Sugiyanto  didampingi Wakil Bupati   Ristawati Purwatiningsih meresmikan Pasar Mitra Tani Gelar Hazil Bumi Kebumen tersebut. Hadir pula  Sekretaris Daerah Kebumen  Ahmad Ujang Sugiono, Ketua DPRD Kebumen  Sarimun, Kepala Distapang Kebumen Tri Haryono, Kepala Bappeda Kebumen Puji Rahayu.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih meresmikan Pasar Mitra Tani Gelar Hasil Bumi.(Foto:SB/Ist)

Adapun yang dijual di pasar mitra tani gelar hazil bumi Kebumen merupakan produk-produk pertanian unggulan dari 26 kecamatan di Kabupaten Kebumen. Diantaranya, sayuran segar dan olahan pangan. “Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan pasar mitra tani gelar hazil Kebumen ini yang harganya dibawah harga di pasaran,” ungkap Bupati Arif Sugiyanto.

Sayangnya, kegiatan ini hanya berlangsung selama dua  hari saja. Yaitu Senin,10 Mei dan Selasa,11 Mei 2021 Pukul 08.00 s/d 15.00 WIB. Sedangkan masyarakat umum juga kurang mengetahui adanya pameran tersebut.

Menurut Kepala Distapang Kebumen Tri Haryono, Gelar Hazil Bumi (Gazibu) DISTAPANG itu bertujuan memperkenalkan dan memasarkan produk unggulan pertanian baik dalam bentuk segar maupun olahan dari 26 kecamatan di Kabupaten Kebumen baik secara offline maupun online sehingga mampu menjaga kestabilan harga jual produk pertanian.

Setiap penyuluh membawa produk unggulan pertanian yang ada di kecamatannya masing-masing, untuk ditampilkan dan dipasarkan dalam Gazibu ini. Barang-barang yang ditampilkan sangat beragam. Ada sayuran dan buah-buahan serta hasil olahan pertanian ada dalam Gazibu ini.

Harga yang ditawarkan dalam Gazibu ini juga lebih miring dari harga umum. Kegiatan ini nantinya akan diadakan rutin per bulan dan akan dipasarkan dalam pasar online sehingga masyarakat di luar Kebumen juga dapat membelinya.

“Kegiatan ini juga akan digelar saat peringatan hari-hari tertentu semisal hari pangan sedunia atau hari tani.  Kami juga menerima tampungan masyarakat yang mempunyai hasil pertanian maupun olahannya yang ingin memasarkan produknya bisa datang ke Balai Penyuluhan Pertanian di kecamatan masing-masing,”jelaas Haryono.

Kepala Distapang berharap kegiatan ini mampu mengenalkan produk pertanian Kabupatan Kebumen di kancah nasional.  Tujuan utamanya adalah membantu petani dalam memasarkan hasil pertaniannya sehingga mampu meningkatkan pendapatan petani.

Komper Wardopo