blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dosen Fakultas Hukum Universitas Semarang (USM) melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 2 Boyolali baru-baru ini.

Pengabdian ini dilaksanakan oleh Dosen FH USM yang terbagi ke dalam 2 tim, tim pertama, diketuai oleh Tri Mulyani, S.Pd., S.H., M.H., dengan anggota Dewi Tuti Muryati, S.H., M.H.; Tim Kedua, diketuai oleh Subaidah Ratna Juita, S.H., M.H., dengan annggota Agus Saiful Abib, S.H., M.H., serta melibatkan mahasiswa.

Dalam kegiatan sosialisai hukum diikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Boyolali sejumlah 70 siswa.

Menurrut Tri Mulyani sasaran ini sengaja ditujukan kepada Siwa SMA Kelas XII dengan tujuan mereka mampu menularkan ilmu yang disampaikan kepada adik kelas khususnya dan siswa-siswi yang lain di luar SMA Negeri 2 Boyolali.

Dari kedua Tim tersebut menyampaikan tema yang berbeda. Tema pertama, “Peningkatan Pemahaman Siswa SMA Negeri 2 Boyolali Mengenai Sanksi Hukum Bagi Pelaku Balap Motor Liar”, sebagai pemateri Tri Mulyani, S.Pd., S.H., M.H.

“Tema ini sengaja diangkat karena merupakan suatu keprihatinan kami terhahadap anak-anak generasi penerus bangsa yang harus mempertaruhkan nyawa dalam aksi balap motor liar, yang notabene tanpa pengaman dan tanpa perizinan dari yang berwenang, sehingga membahayakan bagi dirinya dan juga orang lain” ungkap Tri.

“Selain membahayakan, mereka nantinya terpaksa akan berurusan dengan hukum, karena ada sanksi yang mengancamnya”. Sehingga himbauan kami, bahwa balap motor sesungguhnya merupakan suatu cabang olah raga apabila dilakukan secara resmi, yaitu dilaksanakan disebuah sirkuit, berkompetisi dengan sehat, dilengkapi pengaman tubuh dan perizinan dari kepolisian, maka akan mendukung saudara menjadi juara” tambah Tri.

Tema yang kedua, adalah “Peningkatan Pemahaman Siswa SMA Negeri 2 Boyolali Mengenai Kebijakan Hukum Pidana Sebagai Upaya Penanggulangan Kedaruratan Covid-19”.

Sebagai pemateri adalah Subaidah Ratna Juita, S.H., M.H. Ketika diwawancarai, Subaidah menyampaikan bahwa “tema ini juga sengaja diangkat karena salah satu bentuk tanggung jawab kami dari akademisi untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam mengatasi Pandemi Covid-19 yang sekarang ini sedang melanda negeri kita tercinta”.

Semoga dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Virus Covid-19 segera berakhir, tegas Subaidah. Patuhi segala apa yang sudah diatur oleh pemerintah, agar kita selalu sehat, selamat dan terhindar dari virus Covid-19. Himbau Subaidah.

Saiful Hadi- USM