blank
Aparat di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, melakukan penyemprotan, memberi edukasi dan imbauan tentang protokol kesehatan, hari ini. Foto: Eko Priyono
KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Babinsa Koramil 13/Mungkid, Kodim 0705/Magelang, bersama Bhabinkamtipmas, petugas pemadam kebakaran (Damkar), bidan desa, mitra koramil dan warga melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Senin (10-5-2021). Itu dilakukan di wilayah Dusun Ngroto, Desa Treko, Kecamatan Mungkid.
Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) dan empat buah alat penyemprot, Serda Agus Prayitno dan warga melakukan penyemprotan disinfektan di Dusun Ngroto. Berdasarkan data warga yang terkonfirmasi, Dusun Ngroto masuk dalam katagori zona merah, sehingga perlu dilakukan penanganan secara cepat. Maka lingkungan disterilkan dengan disinfektan.
Serda Agus menuturkan, penyemprotan yang dilakukan di lingkungan itu bertujuan untuk melindungi warga dari penyebaran virus corona yang saat ini masih ada. Selain melakukan penyemprotan, Babinsa dan mitra juga memberikan edukasi serta imbauan tentang adaptasi kebiasaan baru dengan 3M dan pola makan dengan gizi seimbang. Tak lain agar imun tubuh tetap kuat dan sehat.
“Kami menjalankan perintah pimpinan untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani Covid-19. Tidak hanya melakukan penyemprotan cairan disinfektan, dilakukan juga imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan, terutama penerapan 3 M. Perlu menggunakan masker saat beraktivitas, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,” katanya.
Agus berharap, langkah penyemprotan serta edukasi dan imbauan tentang protokol kesehatan yang diberikan dapat diikuti oleh warga masyarakat dalam mengantisipasi penularan Covid-19 di lingkungan Ngroto. Sehingga ke depannya Dusun Ngroto akan berubah ke zona hijau.
Eko Priyono