blank
Tim IZI Jateng saat menyerahkan paket Ramadan dan santunan kepada guru ngaji dan marbot. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bank Indonesia (BI) Religi KPwBI Provinsi Jawa Tengah menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah salurkan paket Ramadan.

Paket Ramadan yang berupa sembako itu diberikan kepada dhuafa, guru ngaji, marbot dan panti asuhan di wilayah Kota Semarang, Senin (10/5/2021).

CAC BI Religi KPwBI Provinsi Jawa Tengah, Prihatin Sudi Utomo menyampaikan, selain 210 paket Ramadan yang berisi sembako, ada juga santunan berupa uang tunai.

Diharapkan kegiatan ini bisa mensupport kebutuhan mendasar pada masing-masing penerima manfaat.

Menurut Prihatin, paket Ramadan tersebut sudah mulai didistribusikan sejak 5 hingga 10 Mei 2021 kepada 110 guru ngaji dan marbot, serta 100 fakir miskin di wilayah Kota Semarang. Ada juga bantuan untuk 10 panti asuhan yang tersebar di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Demak.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan keluarga penerima manfaat, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama sisa Ramadan dan masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Prihatin juga mengungkapkan harapannya, agar program ini menjadi lebih baik karena berasal dari zakat, infak dan sedekah karyawan BI.

“Alhamdulillah IZI bisa mengakomodir apa yang diinginkan muzakki dari Bank Indonesia, baik dari bingkisan maupun sasaran. Akuntabilitasnya, juga terkait dokumentasi dan laporan semuanya baik,” tuturnya.

Pihaknya menginginkan, kinerja IZI seperti ini tetap dipertahankan. Dan ke depan bisa bekerja sama lagi.

Prihatin juga berharap untuk pengelolaan ZIS bisa menghimpun donatur lebih besar dan lebih banyak lagi, guna menebarkan manfaat untuk masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi Saputra menyampaikan terkait tujuan pembagian paket ini.

Menurut Djoko, Ramadan adalah bulan yang penuh dengan kerbekahan dan kemuliaan. “Mari kita berlomba untuk berbuat kebaikan di bulan Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi,” tandasnya.

Ning