blank
Ketua DPR RI, Puan Maharani bersama rombongan saat tiba di landasan Helly Pet Nasmoco. Foto: Dok/ist

BREBES (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto bersama Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyambut kedatangan Ketua DPR RI, Puan Maharani, Minggu (9/5/2021).

Kedatangan mereka untuk meninjau arus lalu lintas di Gate Tol Pejagan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang mana Pangdam IV turut mendampingi pada kegiatan tersebut.

Ketua DPR RI beserta rombongan tiba di landasan Helly Pet Nasmoco sekitar pukul 15.30 WIB didampingi Panglima TNI, Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Menhub Ir. Budi Karya Sumadi, dan Kepala BNBP, Letjen TNI Doni Monardo.

Puan mengatakan, adanya penyekatan peniadaan mudik 2021 diharapkan pelaksanaan di lapangan sesuai rencana untuk mencegah penyebaran Covid-19 “Mari kita tunda mudik demi kebaikan bersama,” tukasnya.

Menurutnya, efektivitas peniadaan mudik pada Lebaran tahun ini hanya bisa dicapai dengan kebersamaan dan kedisiplinan semua pihak.

“Bukan hanya petugas dan dukungan pemerintah daerah, tetapi juga kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menahan diri tidak mudik, guna mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.

“Butuh konsistensi untuk melaksanakan aturan pelarangan mudik sampai arus balik. Pemda juga ikut membantu program ini, terutama memantau dan tracking pemudik yang pulang sebelum ada aturan pelarangan,” sambungnya.

Tujuannya, kata Puan, agar tidak ada penyebaran virus Covid-19. Pelaksanaan larangan mudik, dan aparat di lapangan harus bertugas dengan humanis, namun tetap tegas.

Sementara Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit menyatakan mendukung Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, pengendalian itu berupa peniadaan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi penumpang untuk semua moda transportasi, baik darat, laut, udara termasuk kereta api, dimulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Adanya 81 pos yang tersebar di 3 Provinsi sangat efektif sekali untuk mengendalikan laju masyarakat di masa mudik, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ning