blank
Kapolri Jenderal Pol Listiyo Sigit bersama Panglima TNI dan rombongan saat melakukan pemantauan di Gerbang Tol Pos Penjagaan, Brebes. Foto: Dok/ist

BREBES (SUARABARU.ID) – Kapolri Jenderal Pol Listiyo Sigit bersama Panglima TNI dan Ketua DPR RI melakukan peninjauan di Gerbang Tol Pos Penjagaan, Brebes, Minggu (9/5/2021).

Kunjungan Kapolri bersama Panglima TNi ini untuk mengecek dan memantau kesiapan Pos Pengamanan (Pospam) setempat. Dalam kunjungan tersebut Mentri Perhubungan juga turut hadir.

Kapolri Jenderal Listiyo Sigit menyampaikan, Operasi Ketupat tahun ini berbeda dengan tahun kemarin. Untuk tahun ini focus mencegah laju penyebaran Covid-19.

“Dalam kegiatan ini, kita meninjau beberapa pos penyekatan di beberapa titik. Kita juga mengecek jumlah laju kendaraan yang masuk ke setiap daerah dan berapa yang sudah dilakukan putar balik,” kata Kapolri.

Dari hasil penyekatan yang dilakukan ini, sambungnya, sudah banyak kendaraan yang harus diputar balikkan.

Berdasarkan data di Jawa Tengah, ada 10 ribu kendaraan yang harus putar balik, sedangkan di Jawa Timur ada 2 hingga 3 ribu kendaraan. “Sementara untuk jumlah pemudik tahun ini turun menjadi 18 persen,” ujarnya.

Sedangkan angka penularan Covid-19 dari 4 ribu menjadi 6 ribu. “Ini akan kita pantau terus sampai akhir lebaran dan seterusnya,” tandasnya.

Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, apa yang dilakukan TNI dan Polri sudah tepat. Baik dalam penyekatan arus mudik, maupun mencegah laju pemudik yang mengakibatkan dampak penyebaran Covid-19.

Sementara itu Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi juga melakukan peninjauan arus lalu lintas di Gate Tol Pejagan, Brebes. Pada kesempatan itu Kapolda didampingi, Pangdam IV/Diponegoro, dan Pejabat Utama Polda Jawa Tengah.

Menurut Kapolda, dari 14 pintu pos penyekatan di Jawa Tengah, Polda Jateng telah melakukan putar balik kendaraan dari Jateng ke Jabar sebanyak 2.682 kendaraan.

Selain kendaraan yang mengarah ke Jabar dan sebaliknya, Polda Jateng juga memutar balikkan kendaraan dari Jateng ke Jatim, yakni 1.853 kendaraan, dan dari Jateng – DIY sebanyak 371 kendaraan.

Menurutnya, selama tiga hari pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2021, ada 4.706 kendaraan yang harus putar balik wilayah perbatasan.

Ning