blank
Didampingi Dandim 0728 Letkol (Inf) Imron Masyhadi (kanan) Danrem 074 Warastratama Surakarta Kolonel (Inf) Deddy Suryadi bersama rombongan meninjau lokasi pembangunan SHTS.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Deddy Suryadi, membangun sumur hidrolik tenaga surya (SHTS) di Wonogiri.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi melalui Penerangan Kodim (Pendim) Serma Indra, menyatakan, pembangunan SHTS untuk meningkatkan kesejateraan petani.

Juga untuk membantu menyukseskan program swasembada pangan. Pembangunan SHTS berlangsung di Dusun Jaten, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri.

”Tahap pertama di Dusun Jaten, tapi juga akan membuat di beberapa wilayah di Kabupaten Wonogiri,” jelas Serma Indra.

Ke Lokasi
Untuk memantau pembangunannya, Danrem 074/Warastratama Kolonel (Inf) Deddy Suryadi, turun langsung meninjau ke lokasi.

Ikut mendampingi Danrem, Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi dan Kasi Intel Korem 074/Wrt Letkol (Inf) Erwandarno.

Mereka diantar Danramil 01/Wonogiri Kapten (Inf) Mulyono dan Kepala Desa (Kades) Wonokerto, Tugino. SHTS nantinya berfungsi untuk sarana irigasi.

Menurut Danrem, SHTS mempunyai banyak kelebihan, yakni hemat beaya karena tidak menggunakan BBM, sebagaimana pada sarana irigasi mesin pompa.

Tanpa Beaya
Energi powernya menggunakan tenaga surya, tanpa mengeluarkan beaya, dan tidak memberatkan karena tidak memakai Bahan Bakar Minyak (BBM).

blank
Tahap pertama, fasilitas irigasi SHTS dibangun di Dusun Jaten, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Dengan fasilitas SHTS ini, nantinya warga masyarakat khususnya petani, dapat lebih leluasa membudidayakan komoditas pertanian.

Termasuk ketika di musim kemarau pun, budidaya tanaman tetap dapat dilakukan, karena suplai air tercukupi dari SHTS.

”Harapannya, petani dapat bertanam tiga kali dalam setahun, karena tidak bergantung pada musim penghujan saja,” tandas Danrem.

Bambang Pur