blank
Penyerang Lille Burak Yilmaz (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai menjebol gawang RC Lens dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Felix Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Jumat (7/5/2021) waktu setempat. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Lille mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Prancis selepas menggasak RC Lens dengan skor 3-0 dalam lawatan ke Stadion Felix Bollaert-Delelis untuk laga pekan ke-36 pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Keunggulan cepat diraih berkat eksekusi penalti Burak Yilmaz disusul keuntungan bagi Lille lantaran tuan rumah harus tampil dengan 10 pemain karena Clement Michelin menerima kartu kuning kedua pada menit ke-35.

Yilmaz mencetak gol keduanya diikuti sumbangan gol Jonathan David yang melengkapi kemenangan menjadi 3-0 demi membuat Lille mantap di puncak klasemen dengan koleksi 79 poin.

Lille sementara unggul empat poin atas juara bertahan, Paris Saint-Germain, yang baru main pada Minggu (9/5) waktu setempat (Senin WIB).

Sedangkan bagi Lens hasil kali ini membuat mereka melorot ke urutan keenam klasemen di bawah Marseille karena kalah selisih gol kendati sama-sama memiliki 56 poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Lille yang dibebani target wajib menang untuk menguatkan posisi mereka dalam perburuan juara, mendapat hadiah tendangan penalti saat laga belum genap berusia dua menit setelah Jonathan Bamba dijatuhkan Seko Fofana.

Yilmaz yang menjadi algojo tendangan menunjukkan ketenangannya untuk melesakkan bola ke pojok kiri atas gawang untuk membuka keunggulan Lille.

Tuan rumah nyaris membalas pada menit ke-13 tetapi sundulan jarak dekat Ignatius Ganago melenceng dari sasaran dan dua menit kemudian Fofana yang berusaha membayar kesalahannya mendapati tembakan jarak jauhnya bisa dijinakkan kiper Mike Maignan.

Tiga peluang lain berlalu dari Lens ketika mereka dipaksa melanjutkan pertandingan hanya dengan 10 pemain lantaran Michelin menerima kartu kuning kedua seusai menjegal Zeki Celik pada menit ke-35.

Lima menit situasi 11 lawan 10 berjalan, Lille mampu menggandakan keunggulan mereka lewat tembakan jarak jauh Yilmaz yang gagal diantisipasi kiper Jean-Louis Leca.

Unggul dua gol dan menghadapi hanya 10 pemain membuat Lille tampil lebih percaya diri serta dominan pada babak kedua.

Pada menit ke-60, David berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola muntah hasil tembakan jarak jauh Bamba yang tak mampu dihentikan sempurna oleh Leca dan Lille menambah keunggulan jadi 3-0 atas Lens.

Kendati hanya dengan 10 pemain, Lens beberapa kali tetap mampu merepotkan pertahanan Lille, sayang sundulan Yannick Cahuzac melambung, sedangkan Maignan mampu mengamankan tandukan Arnaud Kalimuendo serta tembakan Fofana demi mengunci kemenangan 3-0 tim tamu.

Pertandingan selanjutnya dijadwalkan berlangsung serempak pada MInggu (16/5) saat Lille menjamu AS Saint-Etienne di Pierre-Mauroy dan Lens bertandang ke Matmut Atlantique menghadapi Bordeaux.

Ant/Muha